5 Kondisi Lidah yang Menandakan Ada yang Salah dengan Kesehatan Anda – FAJAR sulsel
Kesehatan

5 Kondisi Lidah yang Menandakan Ada yang Salah dengan Kesehatan Anda

FAJAR HEALTH – Mungkin anda pernah bertanya-tanya mengapa dokter seringkali memeriksa lidah anda setiap kali berkunjung untuk memeriksakan kondisi anda.

Jawabannya adalah, karena lidah manusia itu merefleksikan kesehatan manusia secara menyeluruh. Ya, fungsi lidah itu ternyata tidak hanya sebagai indera pengecap, namun lebih dari itu.

Seperti disebut laman Top 10 Home Remedies, lidah berfungsi sebagai jendela informasi defisiensi yang terjadi pada tubuh serta beberapa gejala penyakit serius.

Jadi hanya dengan memeriksa kondisi lidah, dokter dapat dengan mudah mengerti masalah kesehatan apa yang sedang diderita oleh pasiennya.

Berikut beberapa masalah kesehatan yang ditunjukan oleh lidah anda:

1. Lidah memerah
Pada orang yang sehat, lidah umumnya berwarna pink. Ketika lidah berubah warna menjadi merah terang, ini biasanya disebabkan oleh beberapa kondisi seperti anemia, penyakit Kawasaki dan demam scarlet.

2. Sebagian lidah memutih
Jika lidah terlihat memutih sebagian dan biasanya diikuti dengan luka, ini adalah salah satu gejala yang diakibatkan kandiasis, infeksi jamur yang terjadi pada mulut. Umumnya terjadi pada manula atau anak-anak dan mereka dengan sistem imune yang lemah.

3. Lidah terlihat licin
Lidah yang normal umumnya menunjukan struktur seperti titik-titik pada bagian reseptor rasanya. Pada mereka yang mengalami atrophic gossitis, stuktur lidah terlihat rata dan licin. Hal ini biasanya dipicu oleh kekurangan zat besi, hemoglobin, asam folat dan vitamin B12.

4. Lidah menguning
Pada lidah mereka yang mengalami panas tubuh berlebih atau investasi bakteri akan menyebabkan munculnya lapisan berwarna kuning pada lidah.

5. Benjolan yang mati rasa
Benjolan mati rasa yang timbul pada lidah yang hanya terjadi kurang dari dua minggu umumnya tidak berbahaya. Namun ketika terjadi lebih dari itu, ini bisa menjadi pertanda dari kanker mulut. Periksakan diri anda jika hal ini terjadi.

(Fajar)

Original Article

loading...
Click to comment
To Top