Pematangan Lahan Ipal Losari tak Sesuai RAB – FAJAR sulsel
News

Pematangan Lahan Ipal Losari tak Sesuai RAB

ipal

MAKASSAR,UPEKS.co.id — Proyek pekerjaan pematangan lahan Ipal Losari dinilai tidak sesuai dengan Rencana Anggaran Biaya (RAB) yang terdapat dalam dokumen tender. Contoh sederhana nampak dalam pengerjaan jalan masuk ke lokasi Ipal.

Padahal, sesuai RAB, uraian pekerjaan pematangan lahan dan pemagaran lahan Ipal, meliputi pekerjaan persiapan, pekerjaan pematangan lahan, pekerjaan pemagaran dan pekerjaan jalan masuk kompleks. Pada pengerjaan jalan masuk kompleks harusnya ada pekerjaan beton cor.

Sayangnya, jalan beton tidak nampak di lokasi tersebut. Informasi yang dihimpun, akses masuk ke proyek Ipal merupakan area milik pengembang kawasan Tanjung. “Diberikan akses masuk pengelola Tanjung,” kata seorang yang ditemui di sekitar proyek Ipal yang enggan dikorankan namanya, Jumat (13/1/2017) kemarin.

Selain persoalan jalan akses masuk, pekerjaan pemagaran pun tidak ada. Menurut sumber yang sama, pagar yang ada sudah lama. Pagar tersebut masih dibangun pihak pengembang tanjung. Sedangkan dalam RAB tertera pemasangan pagar beton pracetak tinggi dengan tinggi 240 centimeter.

Lanjutnya, proyek ini sudah selesai sebab sudah memasuki tahun anggaran yang baru. “Pekerjaan sudah selesai, alat-alat berat juga tinggal tunggu diangkut,” katanya. Menurutnya, pematangan lahan Ipal seluas 5,2 hektar hanya ditimbun pada bagian depan atau area dekat ruas Jl Metro Tanjung Bunga.

Sedangkan, area belakang tidak ada proses pekerjaan karena masih dalam status sengketa. Sekadar diketahui, pematangan lahan Ipal memang sedikit berbeda dengan proyek lain di Dinas Pekerjaan Umum Makassar. Pasalnya, rekanan yang memenangkan tender berani mengajukan penawaran yang rendah.

Rekanan tersebut memberikan penawaran sebesar Rp3 miliar dibawah nilai HPS proyek atau Rp16,8 miliar. Di mana, HPS proyek ini sebanyak Rp19,8 miliar. Sedangkan rekanan lain hanya mengajukan penawaran berkisar Rp17-19 miliar lebih. (rul/ris)

UPEKS

loading...
Click to comment
To Top