Malam Ini, Penganugerahan Adat SYL di Istana Kedatuan Luwu – FAJAR sulsel
News

Malam Ini, Penganugerahan Adat SYL di Istana Kedatuan Luwu

PALOPO — Jumat 20 Januari 2017 malam ini digelar penganugerahan gelar adat kepada Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo (SYL) oleh Datu Luwu XL, Andi Maradang Mackulau di Istana Kedatuan Luwu. Acara penuh dengan ritual adat ini juga akan dihadiri para raja dan sultan se Nusantara dan luar negeri.

Wakil Sekretaris Panitia Tetap Upacara Adat Kedatuan Luwu, Sharma Hadeyang kepada Palopo Pos, Kamis 19 Januari 2017 mengatakan, saat ini persiapan sudah 95 persen.

”Besok pagi (hari ini, Red) para Raja dan Sultan sudah tiba di Bandara Bua dan dijemput langsung menuju ke Hotel Agro Wisata Palopo. Tepat pukul 13.00 Wita silaturahim dengan Wali Kota Palopo di Rujab Saokotae, dan malamnya menghadiri acara pemberian gelar adat kepada Gubernur Sulsel, SYL,” jelas Sharma kemarin.

Sementara itu, Dinas Pariwisata Kota Palopo telah siap menyambut kedatangan raja-raja dan sultan se Nusantara dan juga raja dari luar negeri, seperti Brunei Darussalam, Johor, Selangor, Singapura, Filipina dan juga Thailand di Kota Palopo.

Dalam mempersiapkan tempat dan penginapan raja-raja bersama rombongan yang kurang lebih berjumlah 200 orang, Dinas Pariwisata bekerjasama dengan Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Palopo.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pariwisata Kota Palopo, Andi Enceng. Adapun hotel yang digunakan Dinas Pariwisata dalam menjamu 50 Raja dan Sultan se Nusantara yakni Hotel Agro Wisata, Hotel Horas, Hotel Platinum, Hotel Kumala Indah, dan Hotel Liras.

“Pada dasarnya hotel sudah siap dan kami melakukan kerjasama dengan PHRI. Kita juga mengadakan rapat finalisasi yang dihadiri perwakilan PHRI, Panitia, Pemkot dan pihak Istana LangkanaE Kedatauan Luwu,” jelas Optar sapaan akrabnya.

Untuk destinasi wisata atau city tour yang akan didatangi Raja dan Sultan yakni Lambombo, Istana LangkanaE Kedatuan Luwu, Mesjid Jami’ dan Latuppa.

“Kita akan memperkenalkan beberapa destinasi wisata Palopo yang tak kalah indah dari destinasi kota lain,” ucapnya.(rhm)

PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top