Pemkot Maksimalkan Program Tanam Cabai Massal – FAJAR sulsel
News

Pemkot Maksimalkan Program Tanam Cabai Massal

Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar kembali menggelar koordinasi untuk memaksimalkan program tanam cabai massal di Balaikota Makassar, Kamis (19/1/2017).

Kepala Bappeda Makassar, Hadijah Iriani Ridwan yang memimpin koordinasi tersebut, mengatakan, koordinasi terkait penanaman cabai pertama sekaligus peluncuran Badan Usaha Lorong (Bulo) Makassar.

0″Ada 10.600 bibit yang kita tanam,” ujar Iriani usai rapat koordinasi, kemarin.

Lanjutnya, penanaman cabai dilakukan di Kelurahan Pai, Kecamatan Biringkanaya pada 29 Januari 2017. Pemkot Makassar memilih kelurahan tersebut karena paling siap.

Program ini juga untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dan meningkatkan kesejahtreaan masyarakat. Selain itu, sebagai tindak lanjut instruksi dari pemerintah pusat.

“Januari penanaman, Februari pemeliharaan, Maret instansi terkait tanggung jawab hasilnya dan sekitar April panennya,” terang Iriani.

Dia menambahkan, penanaman massal ini sebagai ujicoba. Jika berhasil, pemkot melanjutkan penanaman cabai pada 500 lorong. Dan direncanakan panen raya pada Juli yang bertepatan dengan hari koperasi.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Makassar, Sri Sulsilawati mengatakan, 10.600 bibit berasal dari masyarakat sendiri. Berbeda dengan program selanjutnya untuk penanaman cabai di 500 lorong. Di mana, DKP Makassar menyiapkan anggaran Rp5 miliar untuk menyukseskan program tersebut.

“Anggaran ini untuk pengadaan benih, pupuk, raknya dan pendukung lainnya. 10 juta per satu lorong. Ini akan melibatkan komunitas kelompok tani,” pungkas Sri. (rul/ris)

UPEKS

loading...
Click to comment
To Top