PRODUKSI GABAH NAIK 5,9 PERSEN – FAJAR sulsel
News

PRODUKSI GABAH NAIK 5,9 PERSEN

* Hasilkan 39.235 ton Gabah Kering Giling

PALOPO–Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Palopo mencatat kenaikan produksi gabah di tahun 2017 ini sebesar 5,9 persen. Dengan luas tanam 5582 hektar.

Harisman Kadispertanak, kepada Palopo Pos, Kamis 19 Januari 2017 mengatakan produksi Gabah Kering Giling di Kota Palopo sebanyak 39.235 ton. “Peningkatan produksinya 5,9 persen,” ucapnya didampingi Kepala Bidang TPH M Natsir Mandawari.

Itu merupakan produksi dengan waktu tanam sebanyak 2 kali. Tahun ini Dengan rata rata produktifitas per hektar sebanyak 8 ton. Bahkan, kata Mantan Kabag Kesra Setda Palopo ini, ada wilayah yang mencapai 12 ton per hektar.

“Kita harapkan tahun ini bisa lebih bagus lagi,” ungkapnya. Untuk meningkatkan produktifitas persawahan tersebut pihaknya akan fokus membina wilayah yang memiliki produktifitas yang dinilai kurang. Misalnya daerah Wara Utara yang produktifitasnya hanya 6,05 persen, Wara 6,89 persen dan Mungkajang 6,79 persen.

Areal persawahan di Kota Palopo yang meliputi 7 kecamatan ini seluas 2689 hektar. Yang bisa ditanami hanya kurang lebih 5582.

Terkait dengan kenaikan harga beras sebesar Rp2 ribu per kilogram baru baru ini, dimana stok menjadi alasan sejumlah pedagang menaikkan harga, dikatakan harisman, itu tidak betul. “Jika dikatakan tidak ada atau kurang, itu tidaklah betul.

Karna tahun 2016 ini produksi kita meningkat,” ucapnya. Hanya saja beras yang dijual di pasaran saat ini memang beras dari sidrap. “Tapi itu adalah gabah dari Kota Palopo yang diolah di sana. Jadi wajar ada kenaikan Rp2 ribu perkilogram,” ucapnya. Andai produksi beras di Kota Palopo dengan mesin yang baik, mungkin kondisinya tidak seperti itu. (ald)

PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top