Produksi Udang Vaname Masih Rendah – FAJAR sulsel
News

Produksi Udang Vaname Masih Rendah

*Malangke 20 Ton, Palopo 4 Ton

PALOPO–PT Sumber Kurnia Laut (SKL) Cabang Palopo sejak beroperasi di Kota Palopo telah mencatat pengiriman udang vaname yang merupakan core bisnis mereka sebanyak 70 ton. Hanya saja Produksi petani masih terbilang rendah. Sementara permintaan cukup tinggi yakni sebesar Rp150 ton perbulan untuk di ekspor.

Hal tersebut diungkapkan Pemimpin Pusat PT.SKL HM Bambang Julianto Kamis, 19 januari 2017. Perkembangan ekspor udang vaname oleh ketersediaan petani tambak yang ada di Luwu Raya masih terbilang rendah. Kota Palopo saja yang menjadi basis bisnis hanya menyerap 4 ton setiap bulannya. Yang cukup banyak diserap itu daerah malangke, Malili, dan bone bone yang mencapai 15 ton perbulan. Sementara dari Luwu sebanyak 2 ton.

Ia sangat berharap produksi petani disetiap daerah bisa lebih meningkat. Utamanya di daerah Palopo yang menjadi pusat bisnis mereka. “edukasi budidaya udang vaname ini lebih bagus lagi agar hasil panen bisa lebih meningkat tentunya ekonomi masyarakat petani tambak bisa lebih bagus lagi. Perlu dukungan pemerintah” jelasnya.

Sampai saat ini pengiriman Rata-rata sebulan itu hanya 20 ton dengan 2 kali pengiriman. Total pengiriman selama beroperasi sampai hari ini baru sebanyak 7 kali atau setara dengan 70 ton. Sementara permintaan perbulan mencapai 150 ton. “Sampai saat ini kami baru melakukan 5 kali pengiriman untuk memenuhi permintaan sebanyak 150 ton,” katanya.

Untuk diketahui, terkait proses pengiriman udang vaname tidak langsung ke luar negeri tetapi transit di Makassar dan di Surabaya. Pusat pabrik udang vaname PT. SKL berada di Surabaya. Mereka mengemas ulang saat di ekspor ke luar negeri. Soal harga, pihaknya mengakui penawaran di Kota Palopo tersebut tidak jauh beda dengan harga di Kota Makassar.(mg3/ald)

PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top