Sukhoi Mengudara di Luwu – FAJAR sulsel
News

Sukhoi Mengudara di Luwu

BELOPA — Ratusan pegawai dan masyarakat Kabupaten Luwu yang sedang sibuk membangun stand pada lokasi Luwu Expo 2017 kemarin dikagetkan dengan dua pesawat jet tempur Sukhoi yang terbang rendah di langit Ibukota Belopa Kamis 19 Januari 2017 siang kemarin.

Sekretaris Dinas Komunikasi Informatika Statistik dan Persandian Luwu, Drs Anwar Usman kepada Palopo Pos mengungkapkan, kehadiran dua jet tempur tepat diatas langit lokasi pameran Luwu Expo di Lapangan Andi Djemma Belopa dalam rangka latihan pemantauan lokasi melakukan atraksi memeriahkan Hari Jadi Tana Luwu (HJL) ke-749 dan Hari Perlawanan Rakyat Luwu (HPRL) ke-71 23 Januari mendatang.

“Dua jet tempur Sukhoi terbang rendah untuk melakukan latihan dan mencari titik terendah terbang di langit Ibukota Belopa, dalam rangka memeriahkan HJL dan HPRL nanti,” ungkap Anwar Usman.

Anwar Usman mengatakan, atraksi tiga unit pesawat jet tempur Sukhoi milik TNI AU Republik Indonesia awalnya akan digelar pada tanggal 23 Januari 2017 bertepatan HJL dan HPRL, namun demikian rencana ini diundur dan akan dilaksanakan pada tanggal 24 Januari.

“Diundurnya atraksi jet tempur Sukhoi mili TNI-AU pada tanggal 23 ke tanggal 24 ini karena armada maupun personil Angkatan Udara di Lanud Hasanuddin Makassar akan dimanfaatkan untuk mendukung kehadiran Wapres RI di Ibukota Belopa Kabupaten Luwu,” jelas Anwar Usman.

Informasi Palopo Pos menyebutkan, dua pesawat jet temput Sukhoi ini terbang dari Bandara Lanud Hasanuddin Makassar dengan menempuh sekitar 15 menit saja untuk tiba dilangit Ibukota Belopa dan disaksikan ratusan orang yang sedang fokus di lapangan Andi Djemma Belopa, termasuk Bupati Luwu HA Mudzakkar, Wakil Bupati Luwu H Amru Saher dan para pegawai serta masyarakat.

Dua pesawat jet tempur Sukhoi tersebut melintas dan terbang rendah diatas lapangan Andi Djemma Belopa dari arah selatan menuju utara, kemudian kembali lagi dari arah utara ke selatan kemudian kembali terbang rendah dan bermanuver berputar-putar, kemudian terbang dari arah barat ke timur dan mengulangi lagi dari arah timur menuju ke barat, kemudian kembali ke Makassar.

Anwar Usman mengatakan, kegiatan atraksi pesawat jet tempur Sukhoi TNU AU dalam rangka HJL dan HPRL ini yakni Komandan Lanud Hasanuddin Makassar Kolonel penerbang Bowo Budiarto sebagai pembina umum, Kordinator kegiatan Kolonel penerbang Beni Arfan (Kadisops), Wakil pimpinan umum Kolonel penerbang Dedi Ilham, Sie fly pat Letkol penerbang David Alhamzah (Dansakadud 11). Tiga pesawat jet tempur Sukhoi nanti akan melibatkan 8 orang pilot termasuk dua pilot cadangan.(and/rhm)

PALOPO POS

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top