Antisipasi Bencana, BPBD Gelar Apel Siaga – FAJAR sulsel
News

Antisipasi Bencana, BPBD Gelar Apel Siaga

MASAMBA — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan mengelar apel siaga di halaman kantor BPBD Luwu Utara, Masamba. Hal itu dilakukan sebagai antisipasi perubahan iklim dan cuaca yang memasuki musim penghujan.

Kepala BPBD Luwu Utara, Alauddin Sukri, yang memimpin apel tersebut, Jumat 20 Januari 2017 mengatakan, maksud dan tujuan apel siaga bencana ini adalah untuk mengetahui sejauh mana kesiapsiagaan Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Luwu Utara termasuk sarana dan prasarana pendukung penanggulangan dan operasi kebencanaan yang menunjang kinerja personil.

“Kegiatan ini juga untuk meningkatkan koordinasi yang baik antar personil saat penanggulangan bencana. Sehingga penanggulangan bencana dapat dilakukan secara cepat, efektif dan efisien,” katanya.

Tidak hanya itu, apel siaga menurutnya, juga dimamfaatkan untuk mengevaluasi kegiatan tim yang telah dilaksanakan serta mempersiapkan kegiatan hari ini.
“Untuk itu, apel siaga khusus TRC ini diagendakan akan dilaksanakan setiap hari,” jelas Alauddin.

Seperti diketahui, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Makassar, telah merilis, awal tahun 2017 curah hujan yang tinggi akan terjadi di sekitar Pantai Timur Sulsel, meliputi wilayah Luwu Timur, Luwu Utara, Palopo, Luwu, Wajo, Bone dan Sinjai. Dengan curah hujan yang tinggi ini, bencana banjir dan longsor rawan terjadi.(mah/rhm)

PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top