Diusul Jadi UPTD – FAJAR sulsel
News

Diusul Jadi UPTD

Potensi Pendapatan PD Parkir

Uang receh yang diterima PD Parkir Makassar Raya punya potensi besar. Selama tahun2016, pengumpulan uang receh ini mencapai Rp13,6 miliar. Hanya saja, sumbangan ke Pemkot Makassar masih minim.

Dividen atau bagi hasil ke pemkot hanya Rp1 miliar. Badan Pendapatan Daerah Makassar mengusulkan agar perusahaan daerah (perusda) pengelola perparkiran bahu jalan ini diubah menjadi unit pelaksana teknis dinas atau UPTD.

Kepala Badan Pendapatan Daerah Makassar, Irwan R Adnan mewacanakan PD Parkir menjadi UPTD di instansinya. Bila menjadi UPTD Badan Pendapatan Daerah, beban operasional tak besar.

Pendapatan dari pengelolaan parkir, kata Irwan, bisa lebih maksimal untuk peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Juga tak ada lagi beban operasional yang besar.

“Tetapi itu tergantung keputusan pimpinan juga. Bisa saja jadi UPTD di Badan Pendapatan Daerah,” ujar Irwan.
Direktur Utama PD Parkir Makassar Raya, Irianto Ahmad mengatakan, pendapaan PD Parkir memang besar. Hanya saja,

pendapatan itu dominan habis untuk operasional. Hanya Rp1 miliar saja yang mereka sisakan untuk masuk ke kas daerah. Sisanya, Rp12,6 miliar untuk operasional dan gaji pegawai selama setahun terahkhir.

Selain gaji karyawan, juga digunakan untuk pendataan, seperti database juru parkir, database titik rawan parkir, dan database titik lokasi parkir.

“Selain itu, kita juga gunakan untuk peningkatan sumber daya manusia kita. Misalnya, kami melakukan assesmen kepada karyawan. Saat ini kami rencanakan pelatihan bagi jukir agar mereka tahu tugas mereka seperti apa dan aturan seperti apa,” jelasnya.

Irianto mengaku, beban operasional PD Parkir besar. Anggaran untuk gaji saja, harus mengalokasikan untuk gaji tiga direksi dan 140 staf. Dia mengklaim pendapatan tahun ini naik pesat. Pendapatan pada 2015, katanya, hanya Rp139 juta. (met/ris)

UPEKS

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top