Honda Kuasai Tipe Sport – FAJAR sulsel
News

Honda Kuasai Tipe Sport

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Produk yang dihasilkan PT Astra Honda Motor tidak diragukan. Pasar sepeda motor di semua tipe dikuasai pabrikan berlogo sayap terbang mengepak tersebut. Bahkan tipe sport sudah menunjukkan hasil positif. Saat ini, market sharenya sebesar 49,4 persen dengan penjualan 318 ribu unit.

Meski begitu, persaingan di kelas naked bike 150cc tetap sengit. Honda kalah dari Yamaha. V-Ixion Advance masih jadi motor sport favorit masyarakat dengan penjualan total 153.128 unit. Jumlah ini mengungguli All New CB150R Streetfire yang terjual sebanyak 152.263 unit.

Area Jawa masih jadi pasar terbesar V-Ixion Advance. Motor bermesin 150cc tersebut terjual sebanyak 28.735 unit di DKI Jakarta, lalu 19.066 unit di Jawa Timur, 17.018 unit di Jawa Barat, dan 16.627 unit Jawa Tengah. Untuk di luar Puala Jawa, V-Ixion Advance laris di Sumatera Utara dengan angka penjualan sebanyak 15.299 unit.

“Persaingan ketat segmen motor sport di Indonesia tidak meruntuhkan ketangguhan V-Ixion. Motor ini masih ada di posisi puncak penjualan,” tulis pernyataan resmi M.Abidin, GM After Sales Division PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing.

AHM sendiri berhasil mencatatkan pertumbuhan positif penjualan segmen sepeda motor sport, dengan kenaikan sebesar 23,6 persen, dibandingkan tahun sebelumnya. Jajaran motor sport Honda tahun lalu terjual 318.000, sementara tahun sebelumnya hanya 257.179 unit. Pada tahun 2017 AHM terus berupaya meningkatkan angka penjualan dan terus memperkuat pasar khusus segment sport.

Pencapaian tersebut semakin memperkuat kepemimpinan AHM di segmen sport, dengan penguasaan pangsa pasar sebesar 49,4 persen, atau naik 14,8 persen dibandingkan pangsa pasar di segmen sport tahun 2015, yang hanya 34,6 persen.

All New Honda CB150R StreetFire memberikan kontribusi terbesar pada pencapaian di segment sport Honda, dengan total penjualan sebanyak 152.263 unit. Diikuti oleh Honda CBR series sebanyak 90.252 unit, Honda Verza 71.231 unit, dan Honda Megapro 4.018 unit. Sementara itu, big bike sport Honda terjual sebanyak 236 unit.

General Manager Sales Division AHM Thomas Wijaya, menyebutkan, di tengah kondisi pasar yang sedang tertekan, AHM menyumbang penjualan sepeda motor sebanyak 4.380.888 unit, atau sedikit mengalami penurunan 1,6 persen dibandingkan tahun 2015 sebanyak 4.453.888 unit.

“Meski sedikit terkoreksi, secara penguasaan pangsa pasar AHM berhasil tumbuh 5,1 persen, dengan total market share sebesar 73,9 persen sepanjang tahun 2016 terhadap penjualan sepeda motor di Tanah Air,” ungkapnya.

Berdasarkan data yang diolah dari Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), sepanjang tahun lalu sepeda motor domestik terjual 5.931.285 unit, atau terkoreksi 8,5 persen dibandingkan total penjualan tahun 2015 yang terjual sebanyak 6.480.155 unit.

Hal ini mengantarkan kami memperkuat penetrasi di seluruh segmen pasar roda dua di tanah air. Kami berharap dukungan positif ini akan terus berlanjut pada tahun ini dengan beragam produk dan layanan terbaik yang akan kami hadirkan.

“Sangat mengapresiasi kepercayaan masyarakat terhadap produk dan layanan terbaik yang diberikan oleh perusahaan, di tengah beragam kondisi perekonomian sepanjang tahun 2016. Kondisi perokonomian di tanah Air cukup sulit pada 2016. Namun kepercayaan dan dukungan masyarakat terhadap produk sepeda motor Honda justru semakin besar, terutama di segmen motor sport,” Ujarnya

Riski Agustian menambahkan, respon yang begitu positif yang pihaknya dapatkan selepas mengikuti pameran otomotif Makassar (POMA) sangat baik. Khusus untuk penjualan di Sulawesi, pihaknya dapat meningkatkan penjualan hingga 125% di tahun 2016. Yang didominasi oleh produk CB650. Yang juga merk lain turut berkontribusi meningkatkan penjualan. Apalagi pada kegiatan otomotif tersebut, pihaknya meluncurkan produk baru yang juga mendapat sambutan yang cukul positif dipasaran. Hal itu merupakan penyegaran produk khususnya untuk segment sport. (mg4-nda)

UPEKS

loading...
Click to comment
To Top