Paspampres Sisir Kota Belopa – FAJAR sulsel
News

Paspampres Sisir Kota Belopa

* JK Istirahat 5 Menit di SaokotaE, Judas akan Bicarakan Pembangunan Palopo

PALOPO — Wapres Jusuf Kalla dijadwalkan 5 menit istirahat di SaokotaE. Dari Bandara Bua, Minggu 22 Januari 2017, rombongan wapres langsung ke rujab wali kota di Jalan Veteran.

Sudah itu, bertolak menuju Tana Toraja dan Toraja Utara. Agendanya di Bumi Lakipadada rampung, rombongan JK balik lagi. Langsung ke Luwu. Makanya, pasukan pengamanan presiden (Paspampres) mulai menyisir Kota Belopa.

Senin 23 Januari 2017, wakil presiden ke Kabupaten Luwu untuk menghadiri peringatan Hari Jadi Tana Luwu ke-749 dan Hari Perlawanan Rakyat Luwu ke-71. Pengamanan ekstra ketat diberikan. Kemarin, pihak Paspampres mulai menyisir sejumlah lokasi yang akan dikunjungi wapres JK.

Di Belopa, Paspampres yang tiba subuh langsung menghadap Bupati Luwu HA Mudzakkar yang sedang melakukan pemantauan di lapangan Andi Djemma Belopa. Di sini, akan dilaksanakan pameran pembangunan Luwu Expo 2017.

Paspampres kemudian melakukan penyisiran. Khususnya ke lokasi yang akan dikunjungi Wapres RI HM Jusuf Kalla. Serta lokasi kegiatan dalam rangka HJL dan HPRL di Belopa tak luput dari pemantauan. ”Kami memang diberi tugas melakukan pengamanan ekstra ketat di Luwu,” ujar Komandan Paspampres Mayor (P) M Komaruddin, kepada Palopo Pos, Jumat 20 Januari 2017.

Soal berapa jumlahnya, ia tidak bisa pastikan. Karena, Paspampres sewaktu-waktu bisa bertambah berapapun tergantung beban kerja dan titik objek pemeriksaan pengamanan selama di Kabupaten Luwu.

Sementara itu, Bupati Luwu, HA Mudzakkar, didampingi Ketua Panitia HJL/HPRL, Drs Ridwan Tumba Lolo, M.Si, dan Kepala Bapeda dan Litbang Kabupaten Luwu, Drs Muhammad Rudi M.Si, mengatakan pihak Paspampres langsung melakukan penyisiran ke sejumlah titik lokasi.

Seperti di tribun Utama lapangan Andi Djemma Belopa, dimana seluruh sudut lokasi tribun diperiksa, termasuk toilet yang akan digunakan di tribun. Bahkan, keran air dan berbagai perlengkapan di toilet juga diperiksa.

“Disamping tribun utama lapangan Andi Djemma Belopa yang disisir, pihak Paspampres juga melakukan pemeriksaan ketat pada sejumlah titik,” katanya.

Seperti lokasi pameran Luwu Expo 2017, lokasi peletakan batu pertama pembangunan gedung sekretariat PMI Luwu, berikut sepanjang jalan aspal yang dilalui dari tribun hingga ke jalur II Sabe, pula melakukan pemeriksaan ekstra ketat di rumah jabatan bupati Luwu. ”Termasuk bukit Limpujang Belopa,” kata HA Mudzakkar.

Lantas apa saja yang akan dibahas di rujab wali kota nanti? Memang tidak ada spesifik yang mau dibahas di rujab wali kota. Pertemuan hanya sifatnya silaturahmi saja.

Namun, informasi yang didapat Palopo Pos, Wali Kota Judas Amir akan memanfaatkan sedikit waktu yang ada dengan menyampaikan beberapa hal terkait pengembangan Kota Palopo ke depannya.

”Pada intinya kedatangan Wapres hanya bersilaturahmi saja dengan wali kota Palopo. Tak ada agenda penting di dalamnya,” kata Kabag Humas Kota Palopo, Maksum Runi, kepada Palopo Pos, Jumat 20 Januari 2017.

Wali Kota Palopo, kata Maksum, akan membicarakan masalah pembangunan Kota Palopo yang ada saat ini. Dan nantinya juga akan berdialog mengenai kendala yang dihadapi untuk mensejahterakan masyarakat Kota Palopo.

Meskipun demikian, sebutnya berbagai persiapan telah dilaksanakan untuk menyambut kedatangan RI-2 tersebut. Mulai dari makanan hingga pengamanan yang akan disiapkan nantinya.

”Yang pada intinya persiapan yang akan dilakukan sesuai dengan protap (prosedur tetap, red) kenegaraan,” jelas Maksum Runi.

Sementara itu, mengenai kesiapan penyambutan kedatangan RI 2, Kantor Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kota Palopo menyiagakan satu armadanya serta 6 (enam) personilnya.

Hal ini diungkapkan Kadis Damkar dan Penyelamatan Kota Palopo melalui Sekretarisnya, Drs Rachmad, M.Si saat dikonfirmasi kemarin. Menurutnya, satu unit armada dan enam personilnya akan disiagakan di Rujab Saokotae di Jl Veteran Kota Palopo.

”Ini dimaksudkan untuk mengantisipasi hal-hal yang bakal terjadi menyangkut pengamanan kedatangan Wapres RI nantinya,” sebut Rachmad.(and-rhm/ary)

PALOPO POS

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top