PT Dituntut Kembangkan Keilmuan – FAJAR sulsel
News

PT Dituntut Kembangkan Keilmuan

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Ketua BPK RI, Harry Azhar Aziz mengungkapkan, perguruan tinggi mestinya menjaga kontinuitas wawasan keilmuan agar dapat diandalkan menjaga bangsa.

Karena menurutnya, bangsa ini perlu dijaga dengan ilmu yang baik dan tinggi, di sinilah peran perguruan tinggi sebagai salah satu institusi penjaga bangsa.

“Makanya perguruan tinggi itu perlu untuk mengupgread diri. Baik itu para dosen maupun mahasiswanya untuk menguasai ilmu,” ujar Harry Azhar, saat dimintai keterangan di acara Kuliah Umum UNM di Ballroom Phinisi UNM, Kamis lalu.

Untuk mempermudah perguruan tinggi mengupgread keilmuan, sambung Harry, maka pemerintah juga mesti berperan. Peran pemerintah bisa melalui Lembaga Pengelolah Dana Pendidikan (LPDP).

Harry mengaku di LPDP, Rp2 triliun digunakan untuk anak-anak lulus S1 yang memiliki kompetensi dikuliahkan ke luar negeri.
Maka pihak yang bersangkutan mestinya tidak boleh persulit mahasiswa yang ingin mengembangkan keilmuannya melalui jalur beasiswa luar negeri.

“Kalau perlu, datangi saya. Saya kasih rekomendasi untuk kuliah di mana saja di dunia ini. Karena rekomendasi saya tak pernah ditolak oleh LPDP. Yang penting syaratnya minimal 3,5 IPK, dan Toefl minimal 550,” ujarnya.

Menurutnya, LPDP mengelolah dana sebesar Rp34 triliun. Dengan uang itu, mahasiwa disekolahkan sekitar 5000 orang per tahun.
“Ini potensi pemerintah yang mesti dimanfaatkan. Saya bisa bantu bagi siapa saja mahasiswa yang serius mengembangkan keilmuannya,” ujarnya.

Lebih jauh, Harry menyebutkan untuk meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia pemerintah mengalokasikan dana dari APBN dan APBD sebesar 20%. Selaku ketua BPK RI, dia pun mendorong akuntabilitas dan transparansi demi perwujudan kesejahteraan rakyat.

“Kami terus berbenah dan memperbaiki sistem pengelolaan keuangan khususnya pendidikan yang mencapai 20% sehingga pendidikan di Indonesia lebih baik daripada sebelumnya,”tutupnya. (mg03-mg05/mah)

UPEKS

loading...
Click to comment
To Top