Puluhan Raja akan Hadiri HJTL – FAJAR sulsel
News

Puluhan Raja akan Hadiri HJTL

*Cakka Pantau Lokasi Luwu Expo 2017

BELOPA — Peringatan Hari Jadi Tana Luwu (HJTL) ke-749 dan Hari Perlawanan Rakyat Luwu (HPRL) ke-71 di Ibukota Belopa dipastikan bakal meriah, Senin 23 Januari 2017.

Disamping akan diwarnai dengan berbagai kegiatan seperti pameran pembangunan dan penampilan seni, pula akan dihadiri puluhan Raja-rasa se Nusantara yang menyempatkan hadir.

Bupati Luwu HA Mudzakkar didampingi Ketua panitia HJTL/HPRL Drs Ridwan Tumba Lolo M.Si dan Wakil Ketua Panitia Drs Muhammad Rudi M.Si, Jumat 20 Januari 2017 pagi kemarin melakukan pemantauan pembuatan stand-stand pameran Luwu Expo dilapangan Andi Djemma Belopa, dimana hari ini (kemarin merupakan hari terakhir bagi para peserta pameran untuk membuat stand.

“Kita beri waktu hingga Jumat sore untuk aktivitas pembuatan serta penyelesaian stand-stand. Karena mulai hari Jumat malam, lokasi pameran Luwu Expo ini akan dipantau dan disisir oleh paspampres, untuk memberikan jaminan keamanan bagi kehadiran Wapres RI, Bapak HM Jusuf Kalla,” ungkap HA Mudzakkar.

Cakka, sapaan akrab Andi Mudzakkar mengatakan, disamping akan dihadiri Wapres RI HM Jusuf Kalla, HJTL ke-749 juga mengundang kehadiran Raja-raja se-Nusantara bahkan akan dihadiri pula sejumlah Raja dari negara tetangga seperti Kesultanan Johor Malaysia, Kerajaan dari Singapura dan Filipina.

“Para raja akan turut hadir dalam tribun utama HJTL, disamping itu akan dijamu di rumah Jabatan Bupati Luwu di Bukit Limpujang Belopa untuk kemudian akan melakukan ramah tamah dengan Wapres RI. Kehadiran tamu-tamu penting ini merupakan penghargaan buat pemerintah dan masyarakat kabupaten Luwu. Untuk itu saya minta seluruh pejabat SKPD dan jajarannya untuk terlibat aktif untuk suksesnya acara ini,” kata Bupati Luwu dua periode ini.

Cakka mengatakan, peringatan Hari Jadi Tana Luwu merupakan momentum budaya yang harus terus dilakukan, dimana kegiatan ini merupakan kegiatan bernuansa budaya dan sarat dengan kearifan lokal. Dan yang tidak kalah pentingnya menjadi sarana untuk merajut tali persaudaraan wilayah Tana Luwu yang dahulunya pernah bersatu dalam bingkai Kedatuan Luwu maupun dalam bingkai NKRI, walaupun saat ini secara administratif sudah terpisahkan.

“Tana Luwu di jaman Kedatuan Luwu memiliki wilayah yang luas, termasuk Tana Toraja, bahkan hingga ke Poso Morowali Sulawesi Tengah juga Kolaka dan Kolaka Utara, makanya disamping mengundang para raja se nusantara dan manca negara, kita juga mengundang saudara kami dari Kolaka Utara. Bahkan pataka daerah tersebut juga akan dikibarkan bersama empat pataka se Tana Luwu,” tandas Cakka.(and/rhm)

PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top