Rahasia Tulang Sehat Ada pada 5 Hal Ini – FAJAR sulsel
Kesehatan

Rahasia Tulang Sehat Ada pada 5 Hal Ini

FAJAR HEALTH – Membangun tulang yang sehat adalah hal yang teramat penting. Perlu anda ketahui bahwa tulang manusia akan mencapai puncak pertumbuhannya pada usia 30 tahun.

Jika gagal memenuhi massa tulang yang cukup, potensi anda mengalami masalah tulang tidak terhindarkan, seperti salah satunya tulang yang rapuh atau mudah patah.

Untungnya, anda dapat mencapai pertumbuhan tulang yang maksimal jika anda memiliki asupan nutrisi serta dibarengi dengan gaya hidup yang sehat.

Apa saja yang membantu tulang anda tumbuh secara sempurna, berikut seperti diambil dari laman Authority Nutrition:

1. Makan banyak sayuran
Sayuran menawarkan vitamin C yang dibutuhkan tubuh untuk menstimulasi produksi sel pembentuk tulang. Beberapa studi bahkan menunjukan bahwa efek antioksidan vitamin C dapat melindungi sel tulang dari kerusakan.

2. Olahraga dan angkat berat
Melakukan olahraga tertentu dapat membantu tubuh untuk terbentuk dan menjaga agar tulang tetap prima. Salah satu latihan yang cocok untuk ini adalah latihan angkat berat atau sejenisnya. Latihan seperti ini disebut dapat mendorong pertumbuhan formasi tulang baru.

3. Mengkonsumsi protein yang cukup
Mendapatkan asupan protein yang cukup sangat krusial bagi kesehatan tulang. Bahkan faktanya, sekitar 50 persen dari tulang tubuh anda terdiri dari protein,

4. Mengkonsumsi makanan kaya akan kalsium
Kalsium adalah mineral terpenting bagi kesehatan tulang dan adalah mineral yang mendominasi tulang anda. Konsumsi kalsium harian dibutuhkan tubuh untuk menjaga struktur dan kekuatan tulang yang optimal.

5. Asup vitamin D dan K
Sama seperperti kalsium, protein dan vitamin C, vitamin D dan K juga tidak kalah pentingnya dalam membangun tulang yang kuat. Vitamin D sendiri memiliki peran untuk membantu tubuh menyerap kalsium, sementara vitamin K2 mensuport kesehatan tulang dengan memodifikasi protein bernama osteocalin yang bertanggungjawab atas pembentukan formasi tulang.
(Fajar)

Original Article

loading...
Click to comment
To Top