Program BSPS Diapresiasi Warga – FAJAR sulsel
News

Program BSPS Diapresiasi Warga

BELOPA — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu secara keseluruhan telah merampungkan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS). 715 rumah tidak layak huni yang tersebar di 18 Desa Luwu yang mendapat program BSPS dari Direktorat Rumah Swadaya Kementerian PUPR tahun 2016 telah selesai dilaksanakn dan telah diserahterimakan kepada masyarakat penerima manfaat untuk selanjutnya menjadi tanggung jawab penerima bantuan.

”Program Rumah Swadaya ini sudah tahap finalisasi dimana seluruh jenis bantuan senilai Rp15 Juta sudah tersalurkan dengan baik sehingga kita dari tim teknis sebagai perpanjangan tangan dari pihak kementerian menyerahkan sepenuhnya kepada masyarakat untuk proses pemeliharaannya,” tutur Muslim Mustafa, Kabid Perumahan, Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Luwu kepada Palopo Pos kemarin.
Dirinya sendiri menceritakan pengalaman tentang penerima yang terharu dengan adanya bantuan tersebut.

”Beberapa masyarakat penerima pada saat acara serah terima berterimakasih dan terharu bahkan ada yang menangis karena tidak pernah menyangka jika rumahnya yang dulu hanya ukuran 4×5 dan sngat jauh dari standar kini berubah menjadi rumah dengan ukuran 6×10 di Bassiang Timur, tanpa Ponrang dan Desa Buntu Karya,” lanjutnya.

Lebih jauh dirinya menjelaskan tahun 2017 ini Luwu kembali akan mendapat program rumah swadaya sebanyak 1.700 unit yang tersebar di bebrapa desa dengan rincian 700 unit dari BSPS Reguler dan 1.000 unit mlalui prgram Strategis. Bahkan 350 unit dari 9 desa sudah pada tahap proposal melalui program Pendataan T-1. Program ini adalah merupakn pilot projek pihak kementerian PUPR di Luwu, Wajo dan Sidrap.

”Ini adalah bentuk apresiasi pihak dirjen penyediaan perumahan kepada pemerintah kabupaten Luwu atas perhatian dan kseriusannya dalam mengawal dan melaksnakn program rumah swadaya sehingga bisa brjalan sesuai meknisme dan juknis sebagamana yang tertuang dalam Permen 13 tahun 2016 tentang BSPS,” tandasnya.

Selain itu pada tahun 2017 ini, luwu kmbali akan menjadi daerah penerima program Rumah Swadaya dgn jumlah kuota terbanyak di Sulsel seperti tahun 2016 kemarin.

Sementara itu, Kepala Desa Cimpu, Alimudin mengaku sangat bersyukur dengan program bedah rumah yang disponsori pemerintah.

“Kepedulian pemerintah patut kami apresiasi. Dua rumah nelayan milik Sabil dan Ismail, sudah sangat baik dan berdiri dengan kokoh, bersama dengan puluhan rumah lainnya,” tandasnya.(fan/rhm)

PALOPO POS

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top