Sulsel Genjot Produksi Rumput Laut – FAJAR sulsel
News

Sulsel Genjot Produksi Rumput Laut

MAKASSAR,UPEKS.co.id — Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulsel tahun ini fokus menggenjot peningkatan produksi rumput laut, sebagai salah satu komoditi unggulan dari sektor perikanan.

Wakil Gubernur (Wagub) Sulsel, Agus Arifin Nu’mang mengatakan, selama ini dari perspektif ekonomi telah menunjukkan kalau produksi Kelautan dan Perikanan Sulsel pada tahun 2016, bersumber dari hasil komoditi rumput laut.

“Totalnya mencapai 3,4 juta ton. Khusus komoditas unggulan rumput laut untuk ekspor tahun 2016, jumlahnya sebesar 105.127 ton atau senilai 85,87 juta USD,” ungkapnya saat membuka Rakernas Asosiasi Rumput Laut Indonesia (ARLI), di Hotel Novotel Makassar, kemarin.

Menurut Agus, hasil yang dicapai dari komoditi rumput laut tersebut sebenarnya belum maksimal, karena baru sekitar 32.000 Hektare (Ha) lahan yang berproduksi, sementara potensi lahan yang tersedia seluas 98.617 Ha.

Untuk itu, mantan Ketua DPRD Sulsel itu berharap agar para petani dan pengusaha rumput laut bersama pemerintah, terus mendorong agar produksi rumput laut di Sulsel terus meningkatkan produksi rumput laut yang berkualitas.

Apalagi selama ini, produksi rumput laut dari Sulsel dikenal cukup bagus. Baik untuk memenuhi kebutuhan industri dalam negeri maupun pasar tujuan ekspor.

Selain itu, Agus juga berharap agar kedepan, perguruan tinggi asal Cina dan di Sulsel serta Badan Litbang Pemprov Sulsel, yang sedang melakukan penelitian tentang rumput laut Sulsel mampu menemukan manfaat baru rumput laut, selain sebagai bahan makanan dan farmasi.

“Kita harapkan hasil penelitian nantinya, akan menemukan manfaat baru selain sebagai bahan makanan dan obat-obatan dari rumput laut, dan itu pertama kali ditemukan di Sulsel,” harapnya.

Sementara Ketua Umum ARLI, Safari Azis Husain, mengatakan sejauh ini pihaknya terus berpartisipasi aktif mendukung program Pemprov Sulsel untuk ekspor tiga kali lipat.

Menurutnya, rumput laut asal Sulsel memang dikenal sebagai basis rumput laut dengan kualitas terbaik di Indonesia, bahkan komoditi rumput laut dari Sulsel dikenal sangat berkualitad di pasar dunia.

“Karena itu kami berharap agar setiap penyusunan kebijakan tentang rumput laut di pusat agar melibatkan daerah, kebijakan yang diambil pusat harus sinkron dengan kondisi yang ada di daerah,” pungkasnya.(eky/rif)

UPEKS

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top