Wapres Support Boka Palopo – FAJAR sulsel
News

Wapres Support Boka Palopo

* Judas Suguhi JK Coto dan Barongko

PALOPO — Wakil Presiden Jusuf Kalla tiba di rumah jabatan wali kota Palopo di SaokotaE. JK bersama istri Mufidah Jusuf Kalla, didampingi Menteri Pariwisata Arief Yahya, dan Alwi Hamu, staf ahli wapres RI, Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo, istirahat selama 30 menit sambil mencicipi makanan khas Palopo, Sulawesi Selatan. Judas Amir menyuguhi JK coto dan ‘barongko’.

Di suasana penuh keakraban ini, Wapres mensupport minyak boka Palopo. ”Pak Jusuf Kalla siap membantu salah satu produk unggulan Palopo ini. Beliau meminta kepada pembantu presiden supaya memerhatikan ini. Kami maunya CPO dikelola di Palopo. Kendalanya sekarang pabrik. Syukurlah, Pak JK siap membantu,” tandas Wali Kota HM Judas Amir, Minggu 22 Januari 2017, kemarin.

Untuk diketahui, minyak boka Palopo dilaunching Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo pada Jumat 15 Juli 2016. Pabrik boka ini dalam tahun pertama menargetkan produksi hingga 1.000 botol per hari. Minyak boka digratiskan. Dibagikan cuma-cuma kepada peserta upacara bendera.

Wali Kota Judas Amir mendapat kehormatan Wapres JK menyempatkan diri ke rujabnya. Dari Palopo, rombongan Wapres JK bertolak menuju Tana Toraja dan Toraja Utara. Selama JK di rujab, ini digunakan Wali kota Judas Amir untuk memperkenalkan produk unggulan Palopo dan menyinggung program pembangunan di kota ‘idaman’. ”Beliau sangat support terhadap minyak boka,” tandas Judas Amir.

Wapres JK memberikan apresiasinya terhadap pembangunan infrastruktur yang ada di Kota Palopo. Namun, topik yang paling menarik dibicarakan adalah memang minyak boka. Di Palopo memang sudah ada industri skala kecil. Industri yang dimaksud adalah industri minyak goreng merek Boka.
Di Luwu Raya, bahan baku sawit cukup melimpah.

Ada ratusan hektare. Kata Judas Amir, alangkah bagusnya kalau ada pabrik minyak goreng didirikan. Tujuannya, selain untuk memotivasi masyarakat, juga memancing investor luar menanamkan investasinya di Palopo.

Mendengar hal itu, wapres JK sangat merespon baik. Bahkan, JK mengiyakan akan memfasilitasi investor agar bisa berinvestasi di Palopo.
Investor yang dimaksud, lanjutnya, baik berasal dari luar negeri maupun dalam negeri. “Apalagi, tujuan didirikannya industri boka ini, adalah untuk menekan agar harga minyak di Palopo tidak anjlok,” tambahnya.

Di bidang infrastruktur, wali kota menyampaikan bahwa pembangunan infrastruktur di Kota Palopo sudah makin maju. Bahkan, saat kembali dari Toraja nanti, Wali Kota akan mengajak JK berkeliling kota Palopo.
“Termasuk memperlihatkan kantor Wali Kota yang sementara dalam tahap penyelesaian,” tandasnya.

Wapres Jusuf Kalla ke Luwu Raya dan Toraja menumpangi pesawat pertama CN-295/A-2908. Tepat pada pukul 09:08 Wita. Pesawat diterbangkan oleh Capten Pilot, Letkol Pnb Setiawan.

Di pesawat itu, JK didampingi istri bersama 27 rombongannya. Mereka mendarat pertama kali di Bandara Lagaligo Kecamatan Bua, Kabupaten Luwu. Tidak berapa lama kemudian, pesawat kedua CN-295/A-2909 mendarat. Pesawat ini diterbangkan oleh Capten Polot, Mayor pnb Dian. Di pesawat kedua ini ada 26 orang rombongan.

Dalam rombongan Wapres tampak Pangdam VII/Wrb, Mayjen TNI Agus Surya Bakti, Kapolda Sulsel Irjen Pol Muktiono, dan Markus Nari. Di Bandara Bua, wapres RI dan rombongan disambut oleh Danrem 142/Tatag, Kolonel Inf Tadyo Budi Revira, Kadisops Lanud Sultan Hasanuddin, Kolonel Penerbangan Benny Arvan, As Ops Dam VII/Wrv, Kolonel Inf Tevhi Zebua, Kapolres Luwu, AKBP Ahmad Yanuari Insan, Bupati Luwu, Andi Mudzakkar, Wakil Bupati Luwu dan unsur muspida Kabupaten Luwu.

Sekitar pukul 09:30 Wita, JK dan rombongan meninggalkan bandara menuju rujab wali kota Palopo. Sepanjang jalan, mulai dari Kecamatan Bua, Kabupaten Luwu wapres dan rombongan disambut oleh para pelajar yang berdiri di pinggir jalan. Pelajar ini menyambut rombongan wapres dengan sorak dan bendera merah putih berkibar di tangan.

Memasuki wilayah Kota Palopo, mulai dari SPBU Songka hingga rujab wali kota Palopo, sepanjang jalan bejejer para pelajar. Para pelajar ini sejak pukul 08:00 Wita satu per satu memenuhi jalan. Paling banyak adalah pelajar SD dan SMP. Namun pelajar SMA juga ada.

Ribuan pelajar berjejer mulai Jalan Jend Sudirman, Jalan Andi Djemma, Jalan Ahmad Razak, Jalan Tandipau dan Jalan menuju Battang Barat.
Sekitar pukul 10:00 Wita, Wapres dan rombongan tiba di rujab wali kota. Wapres disambut hangat oleh Wali Kota Palopo, HM Judas Amir, Ketua DPRD Palopo, Harisal A Latief, Kapolres Palopo, AKBP Dudung Adijono SIk, Plt Sekkot Jamaluddin Nuhung, Dandim 1403 Sawerigading, Letkol Kav Cecep Tendi Sutendi, dan para kepala OPD baru.

Sebelum kedatangan JK ini, pantauan Palopo Pos, tampak anggota TNI dan Polri bersiaga di sepanjang rute yang akan dilalui Wapres. Khususnya di sekitar rujab. Bahkan, kendaraan tempur juga dihadirkan, termasuk menyiagakan mobil pemadam kebakaran. Hampir tiap malam, ada patroli dari Polres Palopo dan Kodim.

Informasi yang diterima Palopo Pos, sepanjang rute perjalanan Wapres, anggota TNI dan brimob sudah bersiaga. Mereka dilengkapi senjata laras panjang. “Ada 2.500 personil gabungan kita siagakan dalam rangkan pengamanan Wapres RI,” kata Dandim 1403 Sawerigading, Letkol Kav Cecep Tendi.(ara/ary)

PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top