Banjir Rendam Tiga Kecamatan – FAJAR sulsel
News

Banjir Rendam Tiga Kecamatan

BELOPA — Hujan deras yang terjadi Minggu malam di kabupaten Luwu kembali membawa bencana banjir di tiga kecamatan. Yakni Kecamatan Ponrang dan Kecamatan Kamanre. Untuk Kecamatan Ponrang infomasi yang dihimpun banjir terjadi tepatnya di Kelurahan Padang Sappa dan sebagian Padang Subur. Ratusan rumah di wilayah pemukiman padat penduduk tersebut terendam air setinggi perut orang dewasa.

Pantauan Harian Palopo Pos menyebutkan, Senin 23 Januari 2017 kemarin, air bah di Kelurahan Padang Sappa meluap menggenangi puluhan rumah penduduk yang berada di pinggir jalan poros Trans Sulawesi di Padang Sappa. Menurut warga sekitar bukan hanya rumah yang berada di lokasi tersebut yang terendam banjir, tetapi masih banyak rumah yang berada di lorong-lorong yang ikut terendam.

“Kami memohon kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu bisa turun tangan mengatasi banjir ini. Karena setiap turun hujan deras rumah-rumah keluarga kami kemasukan air hingga mencapai perut,” ungkap Harding salah seorang warga di Kelurahan Padang Sappa.

Banjir yang melanda Kelurahan Padang Sappa ini bukan yang pertama kalinya, tetapi sudah terjadi berulang-ulang kali setiap kali hujan deras mengguyur kecamatan tersebut. Bahkan banjir ini pernah ditinjau beberapa kali oleh pemerintah daerah.
Selain itu, Sungai Paremang meluap dan merendam kediaman warga di Kecamatan Kamanre sejak Minggu 22 Januari 2017.

“Air mulai naik di pekarangan rumah pada pukul 01.00 Wita dini hari, pagi sudah masuk ke dalam rumah,” ujar warga Marni, saat ditemui awak media.
Luapan air Sungai Paremang tak hanya merendam pemukiman warga, tapi juga lahan pertanian di Kecamatan Kamanre. Ketinggian air di Kecamatan Kamanre bervariasi, dari 20 hingga 80 centimeter.
Kejadian serupa juga terjadi di kecmatan Ponrang Selatan. “Gara-gara ada saluran pembuang sehingga terjadi banjir. Kami harap agar ada tindak lanjut,” jelasnya.(fan/rhm/)

PALOPO POS

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top