Dari Tukang Becak Hingga jadi Pengusaha Sukses – FAJAR sulsel
News

Dari Tukang Becak Hingga jadi Pengusaha Sukses

Merantau dengan berpindah dari kampung ke kampung menjadi pilihannya untuk mengubah nasib. Hal ini banyak dilakoni oleh banyak orang. Dengan harapan mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Namun ia memulai karirnya sebagai tukang becak hingga menjadi pengusaha sukses.

LAPORAN : MUH. KHAEDIR A

Hal ini juga yang dilakukan oleh Taslim Fadly hingga meraih sukses sampai sekarang. “Tidak boleh kita merasakan takut menjemput perubahan. Apalagi risau. Apalagi meninggalkan zona nyaman untuk menjemput kesuksesan,” ucap fadly saat diwawancarai Senin, 23 Januari 2017. Ia memulai profesi sebagai sebagai tukang becak. Itupun hanya sewaan. Dengan biaya sewa Rp5.000 ribu perhari, selama 3 tahun itu dilakukan. Selain sebagai alat mencari uang becak tersebut juga merupakan ranjang baginya untuk beristirahat.

Pengalaman tersebut ia dapatkan saat memberanikan diri meninggalkan kampung halaman Pria kelahiran palopo, 21 Mei 1976 tersebut. Namun dari profesi itulah ia melanjutkan sekolah di SMK 1 Pare-Pare tahun 1992. Kepandaian bergaul membuat ia merasa hidup dan tertolong. Tak ada rasa minder dengan profesi yang ia jalani tersebut. bahkan ia teman sekolah menjadi langganan becak saat pulang sekolah. “Muatan saya itu banyak perempuan. Tapi tidak sedikit pun saya karena malu. Karna dengan itu saya bisa bersekolah,” Tutur Ali, sapaan akrabnya.

Sesekali ia menjadi tukang cuci piring di rumah makan dan membantu bersih-bersih. Dengan itu, ia mendapatkan makan. Dengan melalui proses itu ia berthasil menyelesaiakn studinya di SMK 1 Pare-pare. Dengan keyakinan ia melanjutkan perantauannya menuju Surabaya dan mendapat kepercayaan untuk menjalankan bisnis selama 1 tahu dari orang tionghoa. “Disitulah saya banyak belajar,” ungkap alumnis SMP 4 Palopo ini. Tanggung jawab yang diberikan tersebut dinilai berhasil dan dipindahkan untuk menjalankan bisnis di Kendari dan di Kota Makassar.

Dengan pengalaman itu ia kini lebih mandiri dengan memiliki tiga usaha. Selain sebagai Developer, ia juga merupakan Owner Top Model di Kabupaten Pangkep dan Owner di Cafe Bantilang Goa Ria. Hal tersebut bukanlah hal mudah ia dapatkan. Dengan ketekunan, sabar dan kerja keras menjadikan kunci suksesnya.

“Saya memberikan pesan untuk kalangan muda, Kalau tidak ada pekerjaan atau kegiatan merantaulah di kampung orang dan jangan kembali sebelum sukses,” tandasnya. (*/ald)

PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top