Pemda Harus Terapkan Analisis Standar Belanja – FAJAR sulsel
News

Pemda Harus Terapkan Analisis Standar Belanja

Permudah Pengawasan

MASAMBA,UPEKS.co.id — DPRD Lutra kerjasama Asosiasi Lembaga Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia selenggarakan Pusdiklat Pengembangan Aparatur Negara dan Legislatif (PP-ANLI) berlangsung di Hotel d’Maleo Makassar baru-baru ini.

Kegiatan yang dibuka Ketua DPRD Lutra, Mahfud Yunus itu diikuti peserta dari DPRD dan Sekertaris dewan (Sekwan) Lutra, Muhtar Jaya.

Mahfud Yunus berharap kegiatan ini memberi pemahaman kepada DPRD terkait fungsi,keduduukan dan kewenangan DPRD khususnya pada pengawasan dalam penyelenggaan pemerintahan di tahun di tahun 2017 ini Selain itu, lanjut Mahfud, Bimtek diharapkan membentengi dan mawas diri dalam melakukan berbagai aktifitas sesuai koridor hukum.

“Materi yang didapatkan akan diterapkan dalam berbagai kegiatan DPRD, khususnya pengawasan anggaran di 2017 yang dilaksanakan Pemda Lutra,” terang Mahfud.Sementara itu ketua PPKED Feb. Unhas, Alimuddin mengemukakan, sejak 2002 ada aturan pengelolaan keuangan belum pernah berubah, pengelolaan keuangan didasarkan anggaran kinerja.

Sehingga pemerintah sebagai pelaksana keuangan berdasarkan pada anggaran kinerja apa yang mau dicapai semuanya harus jelas. Fungsi DPRD dalam permasalahan ini harus harus mengetahui apa yang akan dicapai terutama belanja anggaran.

Hal lain belanja, biaya sangat menentukan terkait apa yang akan dilakukan, standar harga. DPRD harus melihat standar harga yang harus dilakukan karena salah satu awal terjadinya korupsi pada pelaksanaan anggaran ada pada standar harga, ujarnya.

Hal paling penting, analisis standar belanja ini tidak semua pemda menggunakanya. Jika Pemda Lutra belum menggunakannya, diharapkan DPRD minta Pemda membuat analisis standar belanja, agar mudah pengawasannya.

Alimuddin menambahkan, banyak daerah belum pernah meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) pada pengelolaan anggaran. Itu terjadi, karena banyak aset sudah di inventarisasi, namun belum dilakukan validasi aset. (lan/arf).

UPEKS

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top