Program 100 Juta Rumpun Bambu Bidik Dua Sasaran – FAJAR sulsel
News

Program 100 Juta Rumpun Bambu Bidik Dua Sasaran

RANTEPAO–Konsultan Program Penanaman 100 Juta Rumpun Bambu, asal Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel), Frof Dr Sampe Paembonan, menegaskan, program yang dicanangkan tersebut membidik dua sasaran utama, diantaranya strategi pengendalian bambu sebagai sumber perekonomian masyasarakat yang berhubungan langsung dengan industri.

Sasaran kedua konservasi tanah dan air dalam menjaga ekosistem lingkungan yang sasaran lokasi tanamnya diantaranya pada wilayah pinggiran sungai dan daerah rawan longsor.

Baik di Kabupaten Toraja Utara (Torut) dan Tana Toraja, merupakan dua daerah yang paling pas untuk untuk program tersebut. Dimana diketahui, selain dikenal dengan objek wisatanya, dua daerah tersebut berada di daerah pegunungan dan iklimnya ikut mendukung.

“Sasaran tanaman 10 juta rumpun bambu ini akan ditempatkan di daerah sungai, sumber mata air, tempat rawan bencana, irigasi dan kawasan hutan yang berbatasan dengan pemukiman masyarakat, dan Torut serta Tana Toraja, sangat layak. Tapi kita awali di Torut dimana daerah pecahan Tana Toraja ini (Torut) lebih dulu menyiapkan lokasinya, “tegas Paembonan, belum lama ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Kadishutbun) Toraja Utara (Torut), Yusuf Gelong, ikut menegaskan, sudah ada 10 hektare (ha) lahan kosong yang disiapkan untuk menanam rumbun bambu jenis, Pattung atau yang biasa disebut Bettung.

Kegiatan tersebut terkait menindak lanjuti program nasional gerakan menanam 100 juta rumpun bambu, dimana diketahui Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) ikut dalam program tersebut dan mencanangkan menanam 10 juta rumpun bambu.

Gerakan penananam bambu ini, sudah berjalan di Kabupaten Torut sejak 2016 ini, tujuannya agar masyarakat diberdayakan dan memperoleh biaya yang efisien serta tujuan utamanya menjaga kelestraian lingkungan sekaligus meningkatkan kemanfaatan dari tanaman bambu itu sendiri.

Terkait dengan program tersebut Kabupaten Torut, sudah menyiapkan 10 ha dan lokasinya dipusatkan di Kecamatan Nanggala, wilayah Rangri.
“Agar program ini berjalan dengan baik dan mencapai sasaran, maka konsultan program 10 juta rumpun bambu baru-baru ini menyambangi Torut sekaligus memberikan masukan kepada kami, terkait kesuksesan dari program tersebut, “kata Yusuf Gelong.(uka/ded)

PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top