Raja Singapura Puji Budaya Luwu – FAJAR sulsel
News

Raja Singapura Puji Budaya Luwu

* Akan Undang ke Singapura

BELOPA – Puluhan Raja se Nusantara dan manca negaranampak hadir pada acara peringatan Hari Jadi Tana Lluwu ke-749 dan Hari Perlawanan Rakyat Luwu ke-71 Senin (23/1) kemarin. Mereka nampak merasa terhormat menghadiri undangan tersebut, termasuk Raja Kesultanan Singapura Tengku Syawal.
Kesultanan Singapura, Tengku Syawal, kepada harian ini mengatakan, dirinya sangat tersanjung mengikuti kegiatan peringatan bernuansa budaya yakni hari jadi Tana Luwu, dimana sarat dengan nilai-nilai budaya.
“Peringatan hari jadisebuah daerah itu sudahsangat jarang yang bernuansa budaya terutama di Singapura, tetapi di kabupaten Luwu suasana itu sangat kental terasa. Kami sangat memberi apresiasikepada Datu Luwu dan Bupati Luwu karena mengundang saya hadir juga para raja-raja yang lain,” ungkap Tengku Syawal.
Tengku Syawal mengatakan Kesultanan Singapura memiliki hubungan darah dan kekerabatan yang sangat dekat Kedatuan Tana Luwu dimasa lalu, dimana Kesultanan Singapura juga berasal dari Tana Luwu.
“Saya sangat merasakan sekali pulang ke kampung ditempat ini, meskipun saya belum pernah kemari. Tetapi ikatan emosional saya sangat kuat merasakan kekeluargaan,” kata Tengku Syawal.
Tengku Syawal mengatakan, dengan tidak mengurangi rasa hormat pula, dirinya engundang dan berharap kehadiran Datu Luwu dan Bupati Luwu bersama Wakil Rakyat DPRD Luwu untuk mengikuti Festival Bugis yang akan digelar di Singapura pada awal Oktober mendatang.
“Saya berharap Kedatuan Luwu dan unsur pemerintah daerah bisa menghadiri acara festival Bugis yang akan dilaksanakan Kesultanan Singapura bulan Oktober mendatang, dan ini menjadi kehormatan buat kami,” ungkap Tengku Syawal saat menikmati perjamuan di Rumah Jabatan Bupati Luwudi Bukit Limpujang.(and/rhm)

PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top