Sekda Optimis Pertahankan WTP – FAJAR sulsel
News

Sekda Optimis Pertahankan WTP

*Hadiri Sertijab Pimpinan BPK Sulsel

MASAMBA — Usai mengikuti acara serahterima jabatan (Sertijab) pimpinan BPK perwakilan Sulawesi Selatan (Sulsel) di Makassar, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Luwu Utara, Abdul Machfud mengatakan sangat optimis Luwu Utara mampu mempertahankan Opini WTP yang sudah diraih sejak 2012.

Capaian empat tahun meraih WTP adalah dasar pijakan optimisme tersebut. “Kalau tadi disebut ada 17 entitas pemerintah daerah untuk meraih opini WTP, maka kita optimis Luwu Utara bisa ada di dalam 17 itu. Ya, kami optimis dengan melihat capaian sejak 2012 lalu,” ujar Machfud saat ditemui usai acara sertijab tersebut.

Menurut Mahfud, saat ini BPK masih melakukan pemeriksaan tahap akhir sampai bulan Februari, dalam artian telah memasuki tahap penentuan apakah Lutra bisa meraih WTP atau tidak. “Saya kira bulan dua nanti ini BPK akan turun lagi untuk melakukan pemeriksaan dan pemeriksaan tersebut adalah penentuan apakah kita bisa meraih WTP atau tidak, tapi intinya kita optimis,” pungkas Mahfud.

Sekedar diketahui, pucuk pimpinan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan resmi berganti Senin 23 Januari 2017. Adalah Endang Tuti Kardiani secara resmi menjabat Kepala Perwakilan BPK Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) menggantikan Andi Kangkung Lologau yang telah memasuki masa purna bhakti per 1 Januari 2017.

Acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) dilakukan di Aula Pertemuan BPK Sulsel. Dihadiri Wakil Gubernur Agus Arifin Nu’mang dan Anggota VI BPK-RI Bahrullah Akbar, serta para Bupati/Wali Kota, Wakil Bupati, Sekretaris Daerah dan Inspektur Inspektorat se-Sulawesi Selatan, di antaranya Bupati Bone, Wali Kota Makassar, Wakil Bupati Gowa, Sekda Luwu Utara.

Wagub Agus Arifin dalam sambutannya mengharapkan agar lembaga BPK sebagai lembaga yang menjalankan fungsi audit terhadap laporan keuangan daerah tetap eksis menjalankan perannya tersebut secara optimal dalam mengawal pengelolaan keuangan pemerintah daerah di Provinsi Sulsel. “Kami berharap BPK mampu menjalankan perannya secara optimal dalam mengawal pengelolaan keuangan pemerintah daerah di Provinsi Sulsel,” ujar Agus.

Agus mengungkapkan, sudah ada 17 entitas pemerintah daerah yang kemungkinan mendapatkan opini WTP tahun 2016.
Untuk itu, harap Agus, sebagai pejabat yang baru, Endang Tuti diharapkan mampu melanjutkan segala capaian yang suda ada dengan terus melakukan penyempurnaan tata kelola keuangan yang lebih baik lagi di masa-masa mendatang.

“Ada 17 entitas pemerintah daerah yang mendapatkan opini WTP. Olehnya itu, saya harap ibu Endang mampu melanjutkan capaian yang sudah ada dengan terus melakukan penyempurnaan tata kelola keuangan yang lebih baik lagi di masa-masa mendatang,” ujar Agus penuh harap. (mah/him)

PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top