Warga Tionghoa Sambut Tahun Baru Imlek – FAJAR sulsel
News

Warga Tionghoa Sambut Tahun Baru Imlek

MAKASSAR,UPEKS.co.id — Perayaan hari raya Imlek 2658 semakin dekat. Warga Tionghoa di Makassar sudah menggelar pelbagai ritual penyambutan.

Salah satunya pembersiahan kelenteng dan rumah. Pembersihan kelenteng kembali dilakukan warga di pelbagai tempat di Makassar. Seperti di Kelenteng Xian Ma. Warga begitu antusias ikut membersihkan ruangan di lantai 3. Segala isi, termasuk dinding kelenteng dibersihkan.

Khusus puluhan patung dewa-dewi di dalam kelenteng ini. Selain dibersihkan menggunkan penghisap debu, patung tersebut juga dicuci satu persatu. Pencucian menggunakan air suci yang dicampur bunga.

Menurut Humas Kelenteng Xian Ma, Robbyanto Rusli, pembersihan ini akan dilakukan selama empat hari. Dimulai sejak Kamis, 19 januari hingga Minggu 22 Januari sebagai puncak penyucian.

Kata dia, pada puncak penyucian patung dewa dewi ini, akan digelar ritual pembersihan. Yakni sembahyang dan doa bersama. Untuk meminta persetujuan atau restu. Sekaligus upacara untuk mengantar para dewa dewi naik ke penguasa alam melaporkan segala kebajikan dan perilaku umat di tahun yang sudah berlalu.

Selain Xian Ma, pembrsiahan serupa juga dilkukan umat di Kelenteng Kwang Kong. Orang tua, maupun muda mudi antusias untuk melakukan pembersihan. Menurut Ketua Yayasan Kelenteng Kwang Kong, Gusdiagung Gosal, Imlek oleh sebagian orang diyakini sebagai salah satu waktu tepat untuk berdoa. Baik meminta usaha sukses, rezeki ataupun meminta jodoh. “Makanya momen setiap Imlek muda mudi kita sangat antusias untuk ke Kelenteng ataupun Wihara,” tuturnya.

Warga lanjut dia, akan banyak yang datang berdoa dan sembahyang saat malam tahun baru Imlek. Bahkan banyak dari umat yang datang secara berpasang-pasangan untuk berdoa bersama. “Apalagi seperti memang kita ada dewa yang disebut sebagai dewa jodoh,” katanya.

Bahkan untuk memeriahkan, Kelenteng Xian Ma dan Kwang Kong menyebut akan mendatangkan antraksi barongasi untuk menghibur. Termasuk di Wihara Avalokitesvara di Jalan Pangeran Dipoegoro. “Rencana kita kembali hadirkan seperti tahun sebelumnya,” kata ketua Wihara, Felix Wuisan. (met/ris)

UPEKS

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top