Beli Sabu Rp4 Juta, Diganjar 7 Tahun – FAJAR sulsel
News

Beli Sabu Rp4 Juta, Diganjar 7 Tahun

PALOPO — Setelah menjalani serangkaian sidang, dua terdakwa kasus narkoba Muh Nabi Alias Nabi dan Muh Aksan Alias Ica akhirnya divonis masing-masing 7 tahun penjara. Vonis terdakwa sama dengan tuntutan jaksa penuntut umum (JPU).

Sidang putusan ini digelar Selasa 24 Januari kemarin di Pengadilan Negeri (PN) Kota Palopo. Dalam surat putusan Majelis Hakim yang diketuai, Heri Kusmanto SH, didampingi Erwino M. Amahorseja SH dan Mahir Sikki ZA, SH menyatakan bahwa kedua terdakwa terbukti bersalah sehingga dijatuhi hukuman selama 7 tahun, dengan denda sebesar Rp1 miliar subsider 3 bulan penjara.

Dengan ketentuan jika terdakwa tidak bisa membayar denda maka akan digantikan dengan tambahan kurungan selama 3 bulan penjara. Selain itu, dari putusan ini akan dikurangi masa penahanan terdakwa. Selama terdakwa mulai berada dalam tahanan.

Dalam sidang kedua terdakwa didamping penasehat hukumnya, Jamaluddin Syarif, SH. Kedua terdakwa menerima hukumannya tanpa mengajukan pembelaan. Begitu juga penasehat hukumnya menerima putusan majelis hakim.

Adapun pertimbangan dari majelis hakim, bahwa hal yang memberatkan kedua terdakwa karena tidak melaksanakan atau mengikuti program pemerintah. Dalam melakukan pemberantasan tindak pidana narkotika. Serta hal yang meringankan bahwa terdakwa menyesali perbuatannya dan pernah dihukum juga sopan selama persidangan.

Serbuk haram itu ditemukan polisi saat melakukan penggeledahan dan diamankan barang bukti berupa 7 saset narkoba jenis sabu sebesar 4.0674 gram, satu set rangkaian alat isap sabu. Itu semua diakui oleh terdakwa dan dari barang bukti itu sudah ada yang mereka konsumsi sebagian kecilnya.
Selanjutnya, satu batang jarum/sumbu, 2 batang potongan pipet, 1 saset plastik kosong bekas pakai. Dua unit handphone dan uang tunai sebesar Rp400 ribu.

Pernyataan di BAP menyebutkan bahwa terdakwa membeli 4 saset/gram sabu seharga Rp4 juta, untuk kembali akan dijual kepada orang yang akan membelinya. Atas perbuatan kedua terdakwa dikenakan pasal 114 ayat (1) dan pasal 112 ayat (1), jo pasal 132 ayat (1) UU RI Nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika. (rp1/him)

PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top