Kapasa Raya Bimtek Pemilihan Ketua RW/RT – FAJAR sulsel
News

Kapasa Raya Bimtek Pemilihan Ketua RW/RT

IMG-20170125-WA0017-1MAKASSAR,UPEKS.co.id- Pemerintah Kelurahan Kapasa Raya Kecamatan Tamalanrea melakukan Bimbinhan Teknik (Bimtek) Pemilihan Ketua Rukun Warga (RW) Rukun Tetangga (RT) serentak se Kota Makassar, di Kantor Lurah Kapasa Raya, Rabu (25/1/2017).

Kepala Kelurahan Kapasa Raya Abu Bakar SE, saat membuka kegiatan tersebut mengatakan, kegiatan bimtek diselenggarakan menyatukan persepsi sekaligus mensosialisasikan aturan yang tertuang dalam Peraturan Walikota Nomor 72 Tahun 2016 tentang Petunjuk Pelaksanaan Pemilihan Ketua Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) yang akan dilaksanakan serentak pada 26 Februari 2017 mendatang.

“Tujuan dari bimtek ini agar pelaksanaan pemilihan nanti bisa berjalan tertib dan lancar,” ujar Abu Bakar.

Sementara Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kapasa H Hasan Genda, menyebutkan, pemilihan RW dan RT yang dilaksanakan tidak jauh berbeda dengan pemilihan kepala daerah seperti pilbup , pilpres ataupun pemilihan legislatif yang selama ini sering dilaksanakan. “Teman-teman yang pernah ikut terlibat dalam pemilihan tingkat atas (pemilu) kurang lebih sama, ungkapnya.

Hadir sebagai peserta, masing-masing berasal dari RT/ RW, LPM dan termasuk panitia tingkat kelurahan yakni Abu Bakar SE, HA Rahaman Apk, SE MM, Nuraeny SE, Muh Saing Spd, dan H Abd Jabbar.

Beberapa tata cara dan syarat pemilihan RT/RW, yakni setiap calon yang akan maju dalam satu wilayah, harus berdomisil di wilayah tersebut, dengan melampirkan Kartu Tanda Penduduk minimal 1 tahun masa domisilinya.

Adapun batasan usia yang bisa menjadi calon, yakni 30 tahun ke atas dengan pendidikan minimal SLTP untuk calon Ketua RT dan tingkat SMA untuk calon Ketua RW.

Menurut Hasan, calon RT dan RW tidak boleh merangkap satu jabatan dalam satu wilayah, misalnya Ketua LPM, BKM tidak boleh merangkap menjadi Ketua RT/RW. Kecuali, menyatakan mundur dari salah satu jabatannya.

Persyaratan mutlak untuk calon Ketua RT dan RW, tetapi syarat yang paling penting adalah bagaimana seorang calon RT/ RW mampu mangaplikasikan aplikasi sosial media, seperti, FB, Whatsapp, Line dan Path. (jar)

UPEKS

loading...
Click to comment
To Top