NUSP-2 Surutanga Rampung 100 Persen – FAJAR sulsel
News

NUSP-2 Surutanga Rampung 100 Persen

*Irwan: Masyarakat Merasakan Manfaatnya

PALOPO — Neighborhood Upgrading and Shelter Project Phase 2 (NUSP-2) merupakan program penanganan lingkungan kumuh perkotaan yang dilaksanakan melalui kemitraan antara pemerintah, masyarakat dan sektor swasta. Selain itu, upaya penguatan kapasitas kelembagaan lokal untuk menjamin terlaksananya kegiatan pembangunan perkotaan yang berpihak pada masyarakat miskin secara berkelanjutan.

Kegiatan tersebut diharapkan dapat mendukung upaya pencapaian Tujuan Pembangunan Milenium Indonesia dan mewujudkan Kota Bebas Kumuh pada tahun 2020. Sebagai program berbasis pemberdayaan masyarakat secara berkelanjutan. Pelaksanaan NUSSP-2 mempunyai suatu alur proses yang spesifik pada setiap tahapan kegiatan dan mempunyai inter-relasi yang saling terkait.

Salah satu kelurahan yang sudah menyelesaikan atau rampung 100 persen pengerjaan NUSP-2 adalah BKM Surutanga, yang berada di Kelurahan Surutanga. Dengan pengerjaan fisik yang dilakukan diantaranya pengerjaan rabat beton atau jalan lingkungan. Kemudian pengerjaan drainase dan juga pemasangan lampu jalan.

Ditemui Palopo Pos, Koordinator BKM Surutanga, Irwan Annas mengatakan pihak sudah merampungkan pengerjaan. Yang dimulai sejak Agustus hingga akhir Desember 2016 lalu.

“Kami sudah menyelesaikan pengerjaan dan laporan pertanggungjawaban juga telah kami buat dan serahkan,” ujarnya kepada Palopo Pos, Selasa 24 Januari 2017.

Dijelaskan Irwan, dari item pengerjaan yang dilakukan diwilayahnya seperti rabat beton itu terdapat lima titik. Dengan lebar berpariasi tiap titik ada yang 2 meter, 3 meter dan 4 meter. Untuk pengerjaan drainase ada delapan titik dan untuk lampu jalan ada 34 titik. Semuanya dikerjakan di 5 RW yang ada di Surutanga.

“Selain pengerjaan fisik tersebut ada juga bak sampah dan gerobak sampah yang kami buat untuk para warga. Dengan tujuan agar warga sadar akan kebersihan lingkungannya,” tutur Irwan.

Dari hasil kerja yang dilakukan para warga yang telah diberdayakan. Mereka melihat sendiri hasil kerjanya dan merasakan manfaatnya. Serta perubahan yang signifikan yang dirasakan dimana selama puluhan tahun warga yang tinggal di kawasan yang dikatakan kumuh tersebut.

“Beberapa warga mengatakan kepada saya sangat senang sekali manfaatnya. Dengan dikerjakannya wilayahnya yang selama ini terkesan kumuh berubah menjadi indah,” katanya.

Harapan pihak BKM Surutangan kedepan agar pihak Pemerintah Kota Palopo lebih memberdayakan masyarakat ditiap kelurahan. Terutama jika ada pengerjaan insfrastruktur yang sifatnya ditingkat RT/RW.(rp1/rhm)

PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top