Pariwisata Maju Jika Bandara Sudah Jadi – FAJAR sulsel
News

Pariwisata Maju Jika Bandara Sudah Jadi

*Disampaikan Menteri Parawisata RI

RANTEPAO–Menteri Pariwisata RI Arief Yahya menilai, di Toraja ( Tana Toraja dan Toraja Utara) jika ingin peningkatan kunjungan wisatawannya meningkat pesat , maka yang harus jadi titik perhatian pemerintah adalah penyelesaikan pembangunan Bandara Buntu Kuni di Mengkendek, dan juga pembanahan infrastruktur jalan.

Untuk itu, proses pembangunan bandara, perlu dipercepat sehingga secepatnya dioperasikan untuk pelayanan jasa penerbangan bagi para wisatawan dari luar yang ingin masuk ke Toraja.

Demikian diungkapakan kepala Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Toraja Utara Harli Patriatno pada Palopo Pos, Selasa 24 kemarin, mengutip pernyataan menteri pariwisata ketika berkunjung ke Toraja mendampingi Wapres Yusuf Kalla tanggal 22-23 Januari 2017.

Lanjut Harli, menteri pariwisata menilai bahwa kepariwisataan di Toraja sudah sangat bagus apalagi didukung dengan alam dan kopinya.
Sehingga katanya, karena Toraja tidak punya laut, maka tranportasi yang epektif dalam peningkatan kunjungan wisatawan hanya dengan melalui jasa penerbangan, untuk itu bandara Buntu Kuni dalam penyelesaian pembangunannya harus fokus.

Kata Arly, menteri pariwisata memberikan beberapa contoh di sejumlah daerah tujuan wisata yang sama dengan Toraja kendalanya ( transportasi udara,red) tapi setelah memiliki lapangan bandara udara, maka peningkatan kunjungan wisatawannya terus mengalami perkembangan.
“Jadi itulah pendapat dan masukan yang disampaikan pak menteri pariwisata ke saya,” kata Harli.

Namun demikian, sebut Harly, selain menunggu penyelesain bandara, pemerintah daerah kabupaten Toraja Utara melalui dinas yang dipimpinnya tetap akan melakukan upaya-upaya lain dalam mendongkrak kunjungan wisatawan ke daerah.

Sekedar di ketahui, dalam APBD 2017, retribusi pariwisata sebagai salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah yang dikelola oleh Dinas Pariwisata di target sebanyak Rp2 miliar.(uka/ded)

PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top