Siswa SMAN 1 Ponrang Demo – FAJAR sulsel
News

Siswa SMAN 1 Ponrang Demo

BELOPA — Seribuan pelajar yang berasal dari SMAN 1 Bua Ponrang menggelar aksi demonstrasi di jalan poros Padang Sappa. Mereka turun ke jalan dan menampilkan sejumlah tulisan dalam kertas yang intinya meminta agar jembatan menuju sekolah mereka diperbaiki. Siswa yang akan ke sekolah tidak bisa melalui jalan tersebut karena sekitar sebulan jalan tersebut akses jembatannya putus.

Salah seorang siswa Tika mengatakan jika kejadian tersebut sudah berlangsung lebih dari satu bulan. “Dulu saluran ini diperbaiki, setelah itu jembatannya juga dibongkar. Tetapi kenapa tidak ada perbaikan, sementara kami mau pergi kesekolah. Makanya teman-teman menuntut agar ada perhatian dari pemerintah untuk segera membangun jalan ini,” jelasnya kepada Palopo Pos kemarin.

Sebelumnya untuk menuju ke SMAN 1 Bua Ponrang terdapat sebuah jembatan, akan tetapi setelah adanya pengerjaan pengerukan selokan/pengairan, jembatan tersebut dibongkar, dan sampai saat ini belum dibuatkan jembatan, sehingga para siswa berikut guru dan staf SMAN 1 Bua Ponrang mengalami kesulitan untuk menuju ke sekolah, terlebih saat musim hujan.

Aksi protes turun ke jalan dilakukan spontan oleh para siswa ini dengan menuliskan kalimat pada selembar kertas yang merupakan tuntutan sangat sederhana “kembalikan jembatan kami”, sebagai sarana penyeberangan untuk menuju ke tempat mereka menuntut Ilmu. Terkait itu, Kapolsek Ponrang AKP. Rusli Sandika menempatkan anggota pada lokasi tersebut untuk memberikan pengamanan selanjutnya melakukan koordinasi dengan Kepala SMAN 1 Bua Ponrang.

“Hal ini kami komunikasikan dengan kepala sekolah, untuk memberikan arahan kepada para siswa untuk menghentikan aksinya dan masuk kesekolah untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar, karena aksinya akan mengganggu arus lalulintas pada jalan tersebut,” jelasnya.

Selanjutnya setelah dilakukan upaya-upaya mediasi dan koordinasi dengan pemerintah setempat, aksi tersebut berhenti dan pihak pemerintah setempat akan segera mengupayakan membangun jembatan darurat. Dari pantauan Palopo Pos siang kemarin, di lokasi tersebut sudah ada jembatan sementara yang dibangun.(fan/rhm)

PALOPO POS

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top