736 Guru PNS Belum Gajian – FAJAR sulsel
News

736 Guru PNS Belum Gajian

* Utang Dulu ke Tetangga dan Keluarga

PALOPO — Guru SMA dan sederajat di Sulsel makin resah. Sudah mau habis Januari, mereka belum bisa menikmati gaji seperti biasanya. Supaya urusan dapur dan cicilan bagi yang ada kreditnya tidak mandek, guru PNS terpaksa ngutang dulu ke tetangga dan keluarga. Guru SMA dari PNS di Palopo mencapai 736 orang.

Alih status guru dan tenaga pendidik SMA/SMK ke Pemprov memang menyisakan masalah besar. Para pengajar itu hingga tanggal 25 Januari 2017 ini, belum ada satupun dari 736 guru SMA PNS yang menerima gaji. Mereka untuk sementara diminta bersabar proses administrasi belum rampung, pascapelimpahan kewenangan pengelolaan SMA/SMK dari kabupaten/kota ke provinsi. Menarik tabungan dan pinjam ke rekan atau keluarga kini terpaksa dilakukan.

“Untung masih ada tabunganku sedikit yang saya simpan untuk sekolah anak. Tapi karena belum gajian terpaksa ditarik dulu,” kata Arni, seorang guru SMA di Kota Palopo, kepada Palopo Pos, Rabu 25 Januari 2017. Wanita berkerudung itu mengaku sudah gusar karena sampai sekarang belum ada kabar yang pasti kapan mereka bisa menerima hak bulanan itu. Ia hanya berdoa, agar persoalan ini cepat diselesaikan.

Hal senada juga disampaikan Hasnah. Setiap hari, dirinya dan juga teman-teman guru lainnya berharap ada bunyi SMS banking yang masuk di handphonenya. Pasalnya, bulan Januari sudah mau berakhir, namun gaji belum juga ada di rekening mereka.

”Kami sudah lelah menunggu bunyi sms banking di ponsel kami, tapi tak kunjung datang. Januari sudah mau lewat, gaji belum cair,” keluhnya, diamini teman-temannya yang lain.

Sementara itu, Kepala SMAN 1 Kota Palopo, Drs Esman saat dikonfirmasi mengenai belum cairnya gaji guru SMA PNS ini menyebutkan, kalau sejak guru SMA ditarik provinsi, banyak masalah yang harus diselesaikan. Termasuk banyak sekolah di Sulsel yang belum menyelesaikan surat pemberhentian gaji dari pemkab/kota ke Provinsi Sulsel.

”Masalah utamanya adalah surat pemberhentian gaji yang dibuat sekolah ada yang belum rampung dan diserahkan ke provinsi. Karena berlaku kolektif makanya terhambat seperti ini,” kata Esman kemarin.
Menurutnya, untuk Kota Palopo sendiri seluruh sekolah sudah menyetor dan cepat diselesaikan Kepala DPPKAD Kota Palopo, Hamzah Jalante kala itu.

”Karena sifatnya kolektif makanya lambat dicairkan. Kami hanya berharap gaji cepat dicairkan, kasihan para guru yang hanya bergantung dari gaji mereka sebagai tenaga pendidik, mereka dapat uang darimana,” kata Esman prihatin yang mengatakan sebanyak 63 orang guru PNS yang mengabdi di SMAN 1 Kota Palopo.

Kepala SMAN 3 Kota Palopo, Drs Arsyad juga berpendapat yang sama. Dirinya berharap masalah yang ada di provinsi cepat diselesaikan sehingga guru SMA bisa cepat menerima haknya.
”Semoga cepat dicairkan,” katanya singkat.

Tak hanya di Palopo, tapi guru SMA dan sederajat di Sulsel makin resah. Sudah mau habi Januari, mereka belum bisa menikmati gaji seperti biasanya. Rupanya, BKD Sulsel belum menyerahkan SK peralihan 16.012 guru PNS SMA ke BPKD Sulsel.

Kepala Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Sulsel, Arwin Aziz, mengungkapkan, pihaknya telah menyiapkan anggaran pembayaran gaji 16.012 guru SMA dan sederajat di Sulsel.

Namun, dia belum bisa memastikan pencairan gaji ke rekening tiap guru. Setelah pengalihan status kepegawaian guru SMA dari PNS pemerintah kabupaten/kota ke pemerintah provinsi, Badan Kepegawaian Negara (BKN) menerbitkan surat keputusan (SK) pengalihan.

“Itu dasar kami membayar gaji. Kalau tidak keluar Januari, kami tidak bisa membayarkan,” ujar Arwin.

Nah, hingga kemarin, dia mengaku belum menerima satu pun SK peralihan tersebut. “Belum ada. Kami hanya mendapatkan jumlah,” terangnya.
Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Sulsel Muhammad Tamzil menyebutkan, jumlah guru PNS yang sudah memiliki SK pengalihan sebanyak 16.012 orang.

Sebelum menyetor SK itu ke BPKD, pihaknya masih menunggu surat pemberhentian pembayaran gaji pegawai dari pemerintah kabupaten/kota.
Kepala SMAN 1 Makassar Abdul Hajar mengaku belum bisa memastikan jadwal pembayaran gaji guru. Hingga saat ini, ada beberapa guru yang belum melengkapi berkas.

Keterlambatan itu terjadi lantaran guru bersangkutan belum menerima SK peralihan. Hajar tak tahu masalah di balik SK peralihan itu. Sejauh ini belum ada kejelasan dan para guru masih menunggu.(jpnn-rhm/ary)

PALOPO POS

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top