Atraksi Jet Tempur Sukhoi Tertunda – FAJAR sulsel
News

Atraksi Jet Tempur Sukhoi Tertunda

*Pengunjung Luwu Expo Kecewa

BELOPA — Panitia pelaksana pameran Luwu Expo 2017 jauh hari menyampaikan ajang pameran Luwu Expo yang digelar bertepatan HUT Tana Luwu ke-749 akan diramaikan dengan atraksi Sukhoi tanggal 24 Januari 2017. Namun ratusan pengunjung merasa kecewa, karena atraksi jet tempur andalan TNI AU tersebut batal dilaksanakan pada hari itu.

Dari pantauan harian Palopo Pos Selasa 24 Januari 2017 lalu menyebutkan, pada pagi hari nampak ratusan warga mendatangi lokasi pameran Luwu Expo. Bahkan banyak orang tua yang membawa putra putri mereka untuk melihat langsung atraksi pesawat jet tempur Sukhoi sesuai inofmrasi pihak panitia. Namun demikian begitu mereka tiba dilokasi tersebut, ternyata pihak panitia pameran Luwu Expo mengumumkan dibatalkannya atraksi pesawat jet tempur Sukhoi pada hari itu.

“Kami sengaja membawa putra kami ke Ibukota Belopa pak, karena menurut informasi akan ada atraksi tiga pesawat jet tempur Sukhoi, tetapi begitu kami tiba di lokasi pameran Luwu Expo, langsung ada pengumuman bahwa atraksi Sukhoi ini tertunda. Tentu saja saya dan anak-anak saya kecewa pak. Tetapi kami berharap atraksi Sukhoi ini tetap terlaksana sebelum hari jadi Ibukota Belopa ke-11,” ungkap Ny Ija asal Kecamatan Ponrang.

Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Luwu, Drs Anwar Usman, kepada Palopo Pos, Rabu 25 Januari 2017 mengatakan, panitia memohon maaf atas tertundanyaatraksi pesawat tenpur Sukhoi milik TNI AU pada Selasa 24 Januari 2017 lalu. Lantaran pihaknya mendapat informasi dari jajaran TNI, pesawat jet tempur Sukhoi yang akan melakukan atraksi di langit Bumi Sawerigading tersebut tiba-tiba digunakan untuk misi pertahanan.

“Kami memohon maaf karena berdasarkaninformasi dari markas TNI AU, pesawat jet tempur Sukhoi sedang melakukan tugasmisi pertahanan tepat pada hari itu, sehingga tertunda,” jelas Anwar Usman.

Anwar Usman menambahkan, berdasarkan informasi dari jajaran TNI AU, atraksi pesawat jet tempur Sukhoi di Ibukota Belopa tidak akan dibatalkan dan akan tetap terlaksana antara tanggal 30 dan 31 Januari mendatang.
“Kami mendapat informasi atraksi pesawat Sukhoi akan tetap dilaksanakan antara tanggal 30 atau tanggal 31 Januari.

Untuk kepastiannya kami akan memberi informasi kembali dalam waktu dekat,” sebut Anwar Usman.
Sekadar diketahui, pada 19 Januari lalu dua unit pesawat jet tempur Sukhoi mengudara di Langit Luwu dan mengagetkan ratusan pegawai dan masyarakat Kabupaten Luwu yang sedang sibuk membangun stand pada lokasi Luwu Expo 2017. Dua jet tempur Sukhoi tersebut terbang rendah waktu itu dalam rangka latihan dan mencari titik terendah terbang dilangit Ibukota Belopa, dalam rangka memeriahkan HJL dan HPRL.

Dua pesawat jet tempur Sukhoi tersebut melintas dan terbang rendah diatas lapangan Andi Djemma Belopa dari arah selatan menuju utara, kemudian kembali lagi dari arah utara ke selatan kemudian kembali terbang rendah dan bermanuver berputar putar, kemudian terbang dari arah barat ke timur danmengulangi lagi dari arah timur menuju ke barat, kemudian kembali ke Makassar.

Pesawat jet Sukhoi merupakan salah satu armada tempur udara milik TNI AU yang berperan menjaga wilayah udara Republik Indonesia. Jet tempur produksi Rusia sebagai pesaing utama pesawat tempur F-16 Fighting Falcon Amerika Serikat ini betul-betul didesain sebagai pesawat tempur berperforma tinggi dalam bermanuver diudara.

Pesawat dengan bodi berbentuk segi empat dengan moncong runcing, serta memiliki kemampuan mengunci sejumlah target di darat maupun udara secara bersamaan ini akan terbang rendah dilangit Bumi Sawerigading.(and/rhm)

PALOPO POS

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top