Karya Menunjukkan Identitas Mahasiswa – FAJAR sulsel
News

Karya Menunjukkan Identitas Mahasiswa

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Lima mahasiswa Jurusan Seni Rupa Universitas Muhammadiyah Makassar menyelengarakan pameran dengan tema Parrhessia, di Auditorium Al-Amien Unismuh. Hadir Wakil Dekan III Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Drs. H. Nurdin, M.Pd dan Muhammad Faisal MRA, M.Pd Kurator.

Kelima mahasiswa tersebut Andi Nur Panasita, Andi Lily Wulandari, Herlisa,dan Nurfaidah Arham serta St. Nuraeni M.
Nurdin dalam sambutannya mengatakan karya yang ditampilkan dalam pameran kali ini adalah bentuk implementasi dari apa yang mahasiswa pelajari selama proses perkuliahan selama ini.

“Karya yang mereka pamerkan hari ini hasil dari apa yang mereka dapatkan selama ini di bangku kuliah. Dan mereka mampu memgimplementasikannya,” tukasnya.

Lanjut Faisal selaku kurator mengatakan Parrhessia, yaitu semacam aktivitas verbal/visual. Dimana pembicara atau seniman memiliki relasi khusus dengan kebenaran melalui kejujuran dan kepolosan.

“Jadi ke lima mahasiswa tersebut ingin menyampaikan kejujurannya melalui karya-karyanya yang hari ini mereka tampilkan,” tuturnya.

Lanjut Herlisa, peserta pameran menjelaskan bahwa karyanya berbeda dengan yang lain. Apalagi memanfaatkan tampi atau dalam bahasa Bugis “Pattapi” yang merupakan alat untuk membersihkan beras.

“Karya kita akan lebih bermakna jika kita mampu melestarikan budaya kita sendiri, khususnya budaya bugis yang memiliki keanekaragaman dan itu menunjukkan lambang identitas kita,” tandasnya.

Lain pula Andi Nur Panasita dengan karya mozaiknya. Dimana proses pengumpulan bahannya dari sampah kulit telur yang menjadi struktur estetik frame.

“Bahan yang saya libatkan dalam karya ini berupa kulit telur, yang akan menyadarkan masyarakat sekitar kita agar bisa memanfaatkan dan mengolah kulit telur tersebut,” tutupnya. (mg05/mah)

UPEKS

loading...
Click to comment
To Top