Pemprov Alokasikan Rp61 M – FAJAR sulsel
News

Pemprov Alokasikan Rp61 M

Pembangunan Masjid CPI

MAKASSAR,UPEKS.co.id — Pemprov Sulsel tahun ini mengalokasikan anggaran Rp61 miliar untuk memulai pembangunan masjid 99 kubah dalam kawasan Centre Point of Indonesia (CPI). Proyek masjid yang akan menjadi salah satu rumah ibadah terunik di Indonesia ini sedikitnya membutuhkan total anggaran Rp200 miliar.

Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sulsel, Abdul Latif berharap, anggaran tersebut bisa menjadi stimulus masuknya tambahan anggaran akan diperoleh dari swadaya lain. Mulai dari bupati, perusahaan, hingga masyarakat. Hanya saja, rencana mengumpulkan dana swadaya yang diwacanakan sejak 2016 lalu itu, hingga kini belum juga berjalan. Pemprov hanya mengaku saat ini masih menyusun persuratannya.

“Baru dalam pembicaraan-pembicaraan. Tapi sudah ada perusahaan yang siap. Suratnya masih disusun biro kesra. Insya Allah, Februari (sudah bisa mulai dijalankan),” katanya, Rabu (25/1/17).

Khusus untuk pembangunan fisik masjid tersebut, saat ini masih persiapan untuk segera memasuki proses lelang. “Dalam waktu singkat. Ini sementara menunggu adminstrasi keuangan selesai,” katanya.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sulsel, Jufri Rahman, sebelumnya mengaku, tahun ini pihaknya sebenarnya mengusulkan anggaran Rp81 miliar untuk masjid CPI tahun ini. Hanya saja, usulan itu dipangkas saat pembahasan RAPBD di DPRD Sulsel.

Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo dengan bangga menyebutkan bahwa masjid tersebut akan menjadi salah satu dari 30 masjid terunik didunia. Kemudian salah satu dari 10 masjid terunik di Indonesia dan termegah di Sulawesi.

Syahrul menjelaskan, keunikan masjid tersebut salah satunya dengan dibangunnya 99 kubah yang melambangkan asmaul husna atau nama-nama Allah.? ?Pembangunan masjid tersebut, lanjut dia, juga akan menjadi simbol pembangunan peradaban bangsa dan agama di Sulsel.

“Ini merupakan niat dan tanggungjawab jabatan, serta bentuk pengabdian kepada masyarakat. Semoga berujung ibadah disisi Allahh SWT,” ujarnya.

Selain berfungsi sebagai tempat ibadah, menurutnya, masjid tersebut nantinya juga berfungsi sebagai tempat rekreasi karena viewnya yang indah.? ?”Masjid akan langsung bersentuhan dengan laut, lautnya akan ada air mancur seperti di Dubai. Juga akan menjadi pusat pengembangan hafidz quran,” urainya.(eky/rif)

UPEKS

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top