Penyuluh Perikanan Atensi Kearifan Lokal – FAJAR sulsel
News

Penyuluh Perikanan Atensi Kearifan Lokal

MASAMBA,UPEKS.co.id — Mengacu UU Nomor. 23/2014 tentang Pemda, bidang urusan penyuluhan perikanan merupakan kewenangan pemerintah pusat. Dengan demikian, penyuluh perikanan pun akan dilimpahkan ke pusat.

Meski demikian, Kadis Perikanan Lutra, Muharwan, tetap meminta para penyuluh agar perhatikan kearifan lokal masyarakat setempat.

“Kinerja penyuluh perikanan yang diatur dalam juknis maupun juklak agar tetap memperhatikan pendekatan sosial dan kearifan lokal” ungkapnya saat validasi data penyuluh perikanan, di Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan, Jakarta belum lama ini.

Keberadaan penyuluh perikanan, menurutnya, sangat berperan dalam peningkatan produktifitas bidang perikanan budidaya dan bidang perikanan tangkap.

Untuk itu, para penyuluh harus terus meningkatkan kemampuannya, koordinasi dan tetap merujuk pada aturan yang berlaku dalam melaksanakan tugas.

“Saatnya penyuluh perikanan bukan lagi guru bagi pelaku usaha, tetapi mitra sehingga terbina hubungan saling belajar dan bertukar informasi untuk kemajuan bersama antar pelaku usaha dan penyuluh,” tandasnya (lan/arf).

UPEKS

loading...
Click to comment
To Top