Rp20 M Anggaran Infrastruktur Dialihkan – FAJAR sulsel
News

Rp20 M Anggaran Infrastruktur Dialihkan

MAKASSAR,UPEKS.co.id — APBD 2017 Sulsel telah dirasionalisasi. Anggaran infrastruktur sebesar Rp20 miliar dialihkan ke sektor kesehatan. Rasionalisasi ini untuk memenuhi persyaratan anggaran bidang kesehatan. Sesuai undang-undang anggaran kesehatan minimal 10% dari total APBD.

Sebelumnya, evaluasi Kementerian Dalam Negeri pada APBD 2017 Sulsel menemukan anggaran kesehatan hanya 6,9%. Pemprov harus mengubah alokasi anggaran. Anggaran yang dialihkan, salah satunya bersumber dari dana infrastruktur sebesar Rp20 miliar.
Kepala Bappeda Sulsel, Jufri Rahman mengatakan, dana kesehatan juga ditambah dari program Dinas Pendidikan yang dihapus yakni, PAUD, insentif guru mengaji, dan SPP.

Anggaran itu, lanjut dia, juga dialokasikan untuk menambah belanja modal 22,69%. Sementara, posisi awal Januari ini masih 9,7%.
“Yang lagi dibenahi sekarang anggaran defisit akibat pergeseran-pergeseran itu,” kata Jufri, Rabu (26/1).Dia memastikan, rasionalisasi APBD rampung pekan ini. “Kita masih menunggu dokumen pelaksanaan anggaran (DPA) masing-masing SKPD untuk menghitung belanja modal,” ungkap dia.

Sementara itu, Sekretaris Komisi D DPRD Sulsel, Ariady Arsal masih mempertanyakan keputusan pengalihan anggaran infrastruktur. “Harusnya belum dialokasikan. Harus dibicarakan dengan banggar. Kalau belum dibicarakan, berarti sepihak dong. Kita konfirmasi dulu kebenarannya,” ujar dia.

Dia mengaku, pihaknya juga membutuhkan anggaran infrastruktur. Apalagi, kondisi jalan Susel bertambah 400 kilometer. Sementara, anggarannya menurun. “Harusnya anggaran lari ke infrastruktur sesuai tematik pembangunan Sulsel. Saya sempat konfirmasi ke keuangan. Anggarannya belum kemana-mana, kecuali ada persetujuan DPRD,” pungkasnya. (met/ris)

UPEKS

loading...
Click to comment
To Top