Danny Kesal Pembangunan Carester – FAJAR sulsel
News

Danny Kesal Pembangunan Carester

Rusak Sebelum Berfungsi

MAKASSAR,UPEKS.co.id — Posko terpadu Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar rusak sebelum berfungsi. Posko ini dikenal dengan nama Makassar Care and Rescue Centre. Walikota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto mengaku kesal dengan pembangunan Carester tersebut.

Bangunan Carester yang rusak berada di Kecamatan Ujung Tanah. Parahnya, warga sekitar menyita kunci bangunan berlantai dua tersebut.

“Kunci di sanra (sita, red) sama warga karena materialnya belum dibayar sama kontraktornya, bahkan warga rencana segel bangunan dan akan demo hari Senin (pekan depan, red),” beber seorang warga yang enggan dipublis namanya, Kamis (26/1/2017).

Lanjutnya, Walikota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto pun sempat meninjau bangunan tersebut. Walikota marah karena bangunan rusak dan bocor. Air hujan pun masuk dan menggenangi lantai satu bangunan.

Kontraktor pun tidak bertanggungjawab. Rekanan masih berutang biaya material bangunan kepada warga sekitar.
“Kunci bangunan sama warga, ketika walikota mau masuk hanya kasi satu kunci karena warga keberatan karena ada utangnya,” katanya.

Bahkan, bangunan yang diperuntukkan Carester ini dinilai tidal sesuai dengan bestek. Pasalnya, bangunan tersebut nampak miring.
Danny, sapaan yang dikonfirmasi mengaku kesal dengan pembangunan Carester tersebut. Pasalnya, stakeholder terkait melakukan pembiaran.

“Kenapa didiamkan kan masih dalam pemeliharaan. Kalau ada apa-apa dia yang tanggung, kalau tidak sesuai bestek saya lapori semua. Ini APBD dulu, rusak memang,” kesal Danny, kemarin.

Menurut Danny, bangunan Carester memang rusak. Danny pun menginstruksikan stakeholder terkait untuk menghubungi pihak rekanan untuk menuntaskan semua masalah tersebut.

Pemkot Makassar melalui Badan Penanggulan Bencana Daerah (BPBD) Makassar memang mengucurkan anggaran pembangunan tiga Carester pada 2016 lalu.

Carester itu, yakni Carester Kecamatan Manggala memiliki anggaran Rp2,6 miliar, carester Kecamatan Tamalanrea Rp1,8 miliar dan carester Kecamatan Ujung Tanah Rp3 miliar.

Kepala BPBD Makassar, M Rusli yang baru saja dilantik ini mengaku, bangunan ini masih dalam pemeliharaan. Pemeliharaan bangunan dari pihak rekanan ditetapkan selama setahun. Sayangnya, Rusli belum mengetahui rekanan yang memenangkan tender proyek tersebut.

“Kita akan benahi dan fungsikan segera. Memang ini masih ada pemeliharaan. Pemeliharaannya selama setahun,” kata Rusli.
Lanjutnya, Carester Ujung Tanah bakal difungsikan pada Februari nanti. Sedangkan Carester Tamalanrea dan Manggala akan dilakukan pembangunan lanjutan.

Sekadar diketahui, Carester sebagai wadah untuk memberikan layanan cepat secara terpadu dalam kondisi darurat kepada masyarakat yang membutuhkan bantuan.

Harapannya, guna menjawab semua keluhan masyarakat. Sebab, selama ini, masyarakat selalu mengeluhkan pelayanan yang lamban dalam kondisi darurat. (rul/ris)

UPEKS

loading...
Click to comment
To Top