Dinas Perdagangan Imbau Konsumen Teliti – FAJAR sulsel
News

Dinas Perdagangan Imbau Konsumen Teliti

MAKASSAR,UPEKS.co.id — Dinas Perdagangan Makassar menghimbau konsumen untuk teliti dan hati-hati. Himbauan ini untuk pembelian produk asal luar.Korea, mie Samyang.

Apalagi, ditemukannya mie Samyang mengandung daging babi yang beredar di Sumenap, Jawa Timur. Mie instan tersebut belum memiliki label dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) dan tidak ada terjemahan Bahasa Indonesia. Sementara mie Samyang yang beredar pada beberapa swalayan di Makassar tertera label BPOM RI ML.

Kabid Perlindungan Konsumen Dinas Perdagangan Makassar, Sri Rejeki mengatakan, ML pada label BPOM merupakan kode dari makanan luar.

“Untuk masalah ini kami pernah koordinasi dengan BPOM dan pihak BPOM mengatakan, kalau untuk makanan dari luar harus dilengkapi dengan stiker dari BPOM dengan kode ML (makanan luar),” terang Sri.

Selain label BPOM, mie Samyang juga sudah diterjemahkan ke Bahasa Indonesia. Pada terjemahannya, tertera komposisi dan cara menyajikan makanan instan ini. Dan tidak tertera kandungan babi dalam komposisinya.

Sayangnya, mie Samyang yang ada di kota ini belum dilengkapi dengan label halal. Sri mengaku, label halal pada produk makanan belum menjadi keharusan atau kewajiban. Label halal masih bersifat sukarela dari pihak produsen.
“Untuk halal itu sifatnya masih sukarela,” kata Sri.

Menurutnya, konsumen memang dituntut untuk cerdas. Konsumen diharapkan teliti dalam membeli sebuah produk. Kalau ragu, maka jangan beli. (rul/ris)

UPEKS

loading...
Click to comment
To Top