Kahfi Sulit Naik Kelas – FAJAR sulsel
News

Kahfi Sulit Naik Kelas

Jika Bertarung di Pileg DPR RI

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulsel selama tiga periode bukan jaminan untuk Ashabul Kahfi bisa melenggang mulus di pemilihan legislatif (Pileg) DPR RI pada Pemilu 2019 mendatang.

Pakar Politik Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, Luhur Prianto mengatakan peluang Ashabul Kahfi untuk naik kelas tetap terbuka jika di Pilgub 2018. “Kalau Pak Kahfi untuk naik kelas di Pilgub itu masih ada peluang sepanjang mampu mengamankan perwakilan dari daerah selatan,” kata Luhur.

Adapun khusus peluang Kahfi pada Pileg 2019 mendatang, Luhur mengatakan pada intinya basis pemilih Kahfi berada pada wilayah selatan. Namun, Luhur mengaku hal itu akan sulit sebab akan berhadapan dengan Thita Chunda Syahrul.

“Saya kira kalau Pak Kahfi mau maju Pileg untuk DPR RI itu peluangnya ada di Dapil 1, tapi dengan risiko akan berhadapan dengan Ibu Thita yang juga sangat kuat. Karenanya Pak Kahfi juga mesti kerja ekstra,” jelasnya.

Alternatif lain bagi Kahfi, kata Luhur adalah pindah Dapil yakni Dapil 2. Luhur menilai hal itu pun bisa jadi tidak mudah karena secara internal akan berhadapan dengan loyalis Andi Taufan Tiro dan Andi Yuliani Paris yang juga sudah mengakar di Dapil 2.

“Sebagai ketua partai Pak Kahfi bisa jadi akan melakukan manuver untuk berganti Dapil 1 ke Dapil 2, namun itu juga sulit karena secara internal akan berhadap-hadapan dengan Ibu Yuliani Paris dan Loyalis Pak Taufan,” ujarnya.

Apalagi, kata dia, jika Bupati Kabupaten Maros Hatta Rahman juga memilih untuk maju pada Pileg. “Bukan tidak mungkin juga Pak Hatta Rahman tidak maju, karena kan setahun lagi masa jabatannya pada 2019 nanti. Sebagai politisi yang visioner tentu akan memikirkan karir politiknya agar tidak berhenti begitu saja,” pungkasnya.

Adapun Ashabul Kahfi yang dimintai tanggapnnya mengaku sebagai politisi tentu memiliki target politik. Rencana untuk naik kelas untuk duduk di kursi DPR RI atau Senayan sudah mulai dipersiapkan.

“Saya kira sebagai politisi tentu itu menjadi target dan akan dipersiapkan,”kata Kahfi yang juga Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Sulsel tiga periode.

Kahfi mengaku pengalaman tiga periode di DPRD Sulsel sudah sangat cukup. Tetapi semua kemungkinan bisa saja terjadi. Saat ini lanjut dia mengerjakan apa amanah masyarakat yang diberikan kepadanya.

“Saya kira masih lama juga mengenai itu. Tetap kita lihat paling tepat, masih sangat dinamis saat ini,”ungkapnya.

Namun, jika tidak ada aral melintang, Kahfi sudah menargetkan bakal maju melalui daerah pemilihan (dapil) Sulsel II yang meliputi, Maros, Pangkep, Barru, Pare-Pare, Sinjai, Bulukumba, Bone, Wajo, dan Soppeng. “Kemungkinan kalau maju, yah di dapil II,”singkatnya.(mah)

UPEKS

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top