Kembangkan Sektor Pertanian dan Pariwisata – FAJAR sulsel
News

Kembangkan Sektor Pertanian dan Pariwisata

Australia

MAKASSAR,UPEKS.co.id — Pemprov Sulsel dan Pemerintah Australia siap memperkuat kerjasama bidang ekonomi. Kerjasama itu diantaranya terkait pengembangan sektor peternakan, pertanian dan pariwisata.

Komitmen penguatan kerjasama itu diungkapkan kedua pihak saat pertemuan antara Konsulat Jenderal (Konjen) Australia, Richard Mathews dengan Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo, di Kantor Gubernur Sulsel, Kamis (26/1/17).

Gubernur Syahrul Yasin Limpo, mengatakan, penempatan Konjen Australia di Sulsel membawa dampak positif antara Sulsel dan Australia.

Khusus soal kerjasama pada sektor pariwisata, kata Syahrul, Konjen Australia membahas mengenai potensi kunjungan wisatawan asing dari negara tersebut.

“Kemajuan pariwisata di Bali tidak lepas dari tingginya kunjungan Wisman asal Australia. Hampir 60% kunjungan wisatawan asing di Bali itu berasal dari Australia. Ini kita perkuat,” katanya.

Sebagai langkah awal, Syahrul meminta kepada semua dinas terkait untuk tetap menjaga kerja sama yang baik dengan pemerintah Australia. Ia juga sempat membahas persoalan kerjasama dengan Australia di sektor pertanian, peternakan serta pendidikan.

“Untuk bidang pendidikan, Sulsel dan Australia akan melakukan pertukaran pelajar dan pemuda. Termasuk sharing antara konsepsi pendidikan di Australia dengan konsepsi pendidikan di Sulsel. Bukan hanya soal konsepsi pendidikan di SMA saja. Tetapi di semua tingkatan pendidikan,” ujarnya.

Selain itu, dalam kesempatan yang sama Pemprov Sulsel menyampaikan rencana untuk melakukan kunjungan ke Australia melihat pengelolaan pada sektor peternakan, pertanian dan perikanan. “Australia punya kemampuan dan keahlian yang sifatnya kejuruan. Dan sebaliknya, kita masih sangat membutuhkan peningkatan sumber daya manusia yang handal,” kata Abdul Azis, Kepala Dinas Peternakan Sulsel.

Menurutnya, fokus kunjungan itu nantinya yakni terkait peningkatan pengelolaan hewan ternak. Apalagi, saat ini di Indonesia masih cukup banyak bermunculan penyakit yang menjangkit pada hewan-hewan ternak. “Misalnya soal kawin suntik, serta pelayanan kesehatan hewan. Seperti halnya juga penyakit antraks, ini Yang ingin kami kendalikan. Ilmunya banyak di Australia,” pungkasnya.

Sementara, Konjen Australia Richard Mathews mengaku siap memfasilitasi Pemprov Sulsel terkait rencana kunjungan tersebut.
“Kemungkinan akan ada pertemuan dengan pengusaha-pengusaha Asutralia bersama rombongan Pemprov Sulsel. Kami apresiasi, dan siap menyambutnya,” ujarnya.(eky/rif)

UPEKS

loading...
Click to comment
To Top