Gantungkan Cita-cita Setinggi Langit – FAJAR sulsel
News

Gantungkan Cita-cita Setinggi Langit

* Melepas 1.179 Lampion di Luwu Expo

BELOPA — Ada semangat baru. Ada impian besar dari kemeriahan pelepasan 1.179 lampion ke udara, Sabtu 28 Januari 2017, malam.

Pelepasan ini sekaligus memeriahkan pameran Luwu Expo dalam rangka memperingati Hari Jadi Tana Luwu ke-749 dan menyambut hari Jadi Ibukota Belopa ke-11. Karena di sana digantungkan cita-cita setinggi langit.

Bupati Cakka dan ribuan pengunjung Luwu Expo berkumpul di sekitaran stand utama Kopi Bisang untuk ikut serta sekaligus menyaksikan diterbangkannya 1.179 lampion.

Suasana langit di malam hari di Ibukota Belopa Sabtu malam terlihat gemerlap dan indah layaknya kunang-kunang beterbangan di malam hari. Betapa tidak, dari lokasi pameran Luwu Expo 2017 di lapangan Andi Djemma Belopa ribuan pengunjung dengan dipandu langsung Bupati Luwu HA Mudzakkar melepaskan sebanyak 1.179 lampion ke langit Ibukota Belopa.

Begitu lampu-lampu di arena pameran Luwu Expo dipadamkan, lampion yang terbuat dari kertas tipis warna putih dan orange diberi kawat serta minyak untuk bahan bakar, satu demi satu dilepaskan dan diterbangkan ke udara sehingga memenuhi langit Ibukota Belopa.

Kondisi ini menjadi pemandangan yang sangat indah yang tidak hanya disaksikan pengunjung Luwu Expo, tetapi juga bagi seluruh masyarakat Ibukota Belopa.

Bupati Luwu HA Mudzakkar, di sela-sela memimpin langsung pelepasan lampion di arena pameran Luwu Expo mengungkapkan, banyak makna yang terkandung dari kegiatan pelepasan sekitar 1.179 lampion di langit ibukota Belopa pada malam hari.

Yang pertama, lanjut dia, Pemkab Luwu ingin pameran Luwu Expo ini menjadi wadah alternatif hiburan bagi masyarakat kabupaten Luwu. Kedua, dengan pelepasan lampion antara unsur pemerintah dan masyarakat ini untuk bersama-sama mengapresiasi Hari Jadi Tana Luwu ke-749, Hari Perlawanan Rakyat Luwu ke-71, dan Hari Jadi Ibukota Belopa ke-11. ”Karena di sana ada semangat, ada impian, ada cita-cita yang kita gantungkan setinggi langit seperti harapan kita melepaskan lampion ini ke angkasa,” ungkap HA Mudzakkar.

Ketiga, dilepaskannya lampion ke angkasa ini juga dalam rangka mendorong masyarakat untuk memunculkan ide atau gagasan apa saja bisa dimunculkan demi mendorong percepatan pembangunan di Bumi Sawerigading ini. Keempat, pelepasan 1.179 buah lampion ini merupakan rasa syukur bagi Bupati Cakka dan Amru Saher.

”Tidak terasa kami sudah 1.179 hari menakhodai daerah ini untuk selalu bersama masyarakat kabupaten Luwu,” kata Andi Mudzakkar yang mengaku sangat senang bisa ikut menerbangkan lampion bersama masyarakat Kabupaten Luwu yang berkumpul di ajang Luwu Expo.

Cakka sapaan akrab Andi Mudzakkar menambahkan, pelepasan ribuan lampion ini diharapkan menjadi wadah mempererat kebersamaan, keakraban, dan kekompakan bagi semua elemen, baik pemerintah, insan pers, LSM, Ormas, dan seluruh masyarakat Kabupaten Luwu yang sudah bersama-sama ikut memeriahkan Hari Jadi Tana Luwu 23 Januari lalu.

”Semua pihak ikut terlibat atas kesuksesan acara Hari Jadi Tana Luwu dimana kita diberikan kesempatan bertatap muka dengan Bapak Wapres RI dan para raja se-Nusantara dan manca negara. Semua ini kerja-kerja nyata kita semua. Atas nama Pemerintah dan Masyarakat Kabupaten Luwu kami menghaturkan banyak terima kasih,” kata Bupati Luwu dua periode ini.

Dari pantauan harian Palopo Pos di arena Luwu Expo lapangan Andi Djemma Belopa, 1.179 lampion ini secara bersama-sama dilepaskan oleh pengunjung Luwu Expo, mewakili unsur pemerintah dan SKPD, maupun elemen masyarakat, orang tua, remaja, dan anak-anak juga ikut berkesempatan melepaskan lampion yang terbang tinggi ke angkasa malam Bumi Sawerigading, sehingga suasana malam begitu begitu semarak karena langit Ibukota Belopa menyala terang benderang dengan nyala lampion seperti ribuan kunang-kunang yang beterbangan.(and/ary)

PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top