Palopo Tuan Rumah HJTL dan HPRL 2018 – FAJAR sulsel
News

Palopo Tuan Rumah HJTL dan HPRL 2018

Sekkot: Acaranya Masih Lama
PALOPO — Lutra dan Lutim sudah. Kemudian peringatan Hari Jadi Tana Luwu ke-749 dan Hari Perlawanan Rakyat Luwu ke-71 yang diperingati setiap tanggal 23 Januari, Kabupaten Luwu jadi tuan rumah.

Acaranya spektakuler. Cakka berhasil menghadirkan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Tahun depan, Palopo sebagai tuan rumah sudah jadi perbincangan. Mereka seperti penasaran dan mau tahu sekali kegiatan besar apa yang akan ditonjolkan tuan rumah. Sekkot Palopo menyebutkan Palopo siap tuan rumah. Kalau kegiatan-kegiatannya, masih akan dirapatkan. Lagian HJTL dan HPRL masih lama.

Hal ini juga sempat mendapat perhatian dari Datu Luwu Andi Maradang Mackulau. Di sela-sela acara makan bersama dengan para raja se nusantara dan mancanegara di rujab Bupati Luwu, Senin 23 Januari 2017, lalu, datu Luwu menyebut sesuai jadwal Kota Palopo yang akan akan jadi tuan rumah. ”Itu sesuai jadwal. Palopo tahun depan. Jadi tuan rumah. Kita harapkan supaya siap,” ucap Datu Luwu Andi Maradang Mackulau.

Datu Luwu mengakui peringatan HJTL dan HPRL yang dipusatkan di Belopa, Kabupaten Luwu cukup meriah. ”Dihadiri Pak Wapres dan raja-raja dari mancanegara dan nusantara. Ini sebuah kebanggaan tersendiri bagi kita,” ujar datu Luwu.

HJTL dan HPRL tahun depan diyakini akan lebih meriah dan semarak. Sebab, peringatannya berdekatan dengan kalender pilkada serentak. Pilkada serentak digelar Februari 2018. Sedangkan HJTL dan HPLR diperingati tanggal 23 Januari 2018. Semoga dengan peringatan ini bisa menurunkan tensi politik.

Wali Kota Palopo, HM Judas Amir, MH melalui Sekretaris Kota (Sekkot) Palopo, Jamaluddin Nuhung, menyatakan Kota Palopo siap menjadi tuan rumah. Pasalnya, penentuan tuan rumah penyelenggara kegiatan tersebut bukan asal tunjuk tapi setiap daerah memang ditentukan secara bergiliran.
”Siap tidak siap, kami harus siap. Karena memang tuan rumah kegiatan ini ditentukan secara bergilir diselenggarakan di wilayah Luwu Raya,” sebutnya.

Pelaksanaan teknisnya, sebutnya, akan dibicarakan lebih lanjut. Karena waktunya masih panjang maka kami akan koordinasikan terlebih dahulu dengan merapatkan.

”Tentu ini butuh persiapan yang matang. Saya kira acaranya masih lama. Tapi meski demikian, kami tetap akan membicarakan bersama Wali Kota Palopo,” sebutnya.(rhm/ary)

PALOPO POS

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top