Patroli Sepeda Persempit Ruang Gerak Penjahat – FAJAR sulsel
News

Patroli Sepeda Persempit Ruang Gerak Penjahat

PALOPO — Biasanya polisi melakukan patroli dengan menggunakan mobil atau sepeda motor. Tapi tidak bagi anggota Satuan Sahbara Polres Palopo. Mereka menggunakan sepeda melakukan patroli berkeliling kota dengan tujuan menekan tindak kejahatan dan mempersempit ruang gerak pelaku kriminalitas.

Kapolres Palopo AKBP Dudung Adijono SIk mengatakan patroli dengan menggunakan sepeda untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat dan mencegah kejahatan jalanan.

“Ini terobosan baru Polres Palopo dengan melakukan patroli sepeda secara rutin di jalan-jalan Kota Palopo. Patroli dilaksanakan pagi, siang, dan sore,” kata Dudung Adijono, Sabtu 28 Januari kemarin.

Ia menjelaskan, patroli sepeda dilaksanakan terhadap personil Sabhara yang tugas cadangan. Patroli dilakukan dengan adanya mobilitas warga Palopo yang tinggi. “Satu tim terdiri dari empat orang yang diikuti oleh personil Sabhara lainnya yang mengenakan mobil patroli sabhara,” ungkap Kapolres.

Lanjut Kapolres, patroli sepeda lakukan penyusuran jalan yang ramai dipadati masyarakat, seperti sekolah, kampus, pasar, pusat pertokoan, dan objek-objek vital seperti kantor bank.

“Penjambretan, pencopetan, dan perkelahian merupakan jenis kejahatan tradisional yang sangat meresahkan dan merupakan ancaman nyata bagi masyarakat,” ujar perwira dua melati di pundak ini.

Menurutnya lagi, patroli sepeda juga bermanfaat untuk mempersempit ruang gerak pelaku kejahatan. Langkah itu didukung penempatan personel yang berjaga-jaga di setiap persimpangan.

”Dengan patroli dan keberadaan personel di setiap persimpangan, bila ada tindak kejahatan di jalan atau kecelakaan lalu lintas, masyarakat mudah melapor dan bisa cepat ditangani polisi,” imbuhnya. (him)

PALOPO POS

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top