Pengalihan Status Kepegawaian, Pemkab Jeneponto Hemat Rp 12 Miliar – FAJAR sulsel
News

Pengalihan Status Kepegawaian, Pemkab Jeneponto Hemat Rp 12 Miliar

* Gaji Guru SMA/SMK Dialihkan ke KIS

JENEPONTO,RADARSELATAN.CO ID — Pasca peralihan status kepegawaian guru SMA/SMK dari kabupaten/kota ke provinsi memberi dampak positif bagi pemerintah daerah. Di Kabupaten Jeneponto misalnya, kebijakan tersebut telah menghemat APBD hingga Rp 12 miliar.

Hal ini diungkapkan Bupati Jeneponto, Iksan Iskandar saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis 26 Januari lalu. Dijelaskannya, tercatat sebanyak 1.276 guru SMA/SMK di Kabupaten Jeneponto yang berstatus sebagai ASN (Aparatur Sipil Negara). Dari jumlah tersebut menyerap anggaran sebesar Rp 12 miliar untuk gaji.

“Jadi artinya kita berhemat Rp 12 miliar dari gaji guru SMA dan SMK ini, karena gajinya buka lagi kita yang bayar, tapi (pemerintah) provinsi,” terangnya.

Menurut Iksan, anggaran sebesar Rp 12 miliar tersebut rencananya akan dialihkan kepada program lainnya melalui KIS (Kartu Indonesia Sehat). Dia menyebutkan, saat ini tercatat 400 ribu penduduk di Kabupaten Jeneponto, namun yang terdaftar dalam KIS hanya berkisar 40 ribuan orang saja.

“Nah, yang tersisa ini, yang belum terdaftar di KIS akan kita coba masukkan. Ini akan dirancan oleh Bappeda untuk selanjutnya kita koordinasikan ke Banggar DPRD,” tambahnya.

Selain membantu di sektor kesehatan, lanjut Iksan, kebijakan peralihan status kepegawaian guru SMA/SMK tersebut juga memberi dampak positif pada pembanguna infrastruktur daerah.

“Tentu anggaran yang ada juga akan kita gunakan untuk menambah program pembanguna infrastruktur. Intinya kebijakan ini cukup membantu daerah dalam pembangunan,” imbuhnya. (*)RADAR SELATAN

loading...
Click to comment
To Top