Polres Usut Pemalsuan Data Penduduk – FAJAR sulsel
News

Polres Usut Pemalsuan Data Penduduk

Urus Dana Kehormatan Veteran

ENREKANG,UPEKS.co.id — Tim Satreskrim Polres Enrekang mendalami kasus pemalsuan data yang diduga dilakukan oknum berinisial ”AR”.

Brigpol Amrul Akmal dari Bagian Humas Polres Enrekang menjelaskan, kasus tersebut dilaporkan seorang Anggota TNI berinisial ”P”, 16 Desember lalu.

Kasus pemalsuan data Kartu Keluarga ( KK) dan Kartu Tanda penduduk ( KTP ) yang dikeluarkan Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Enrekang ini adalah milik orang lain yang sudah meninggal.

”AR” oknum terlapor yang diduga akan menggunakan data ini untuk pengurusan penerimaan Dana Kehormatan Veteran oleh pihak berwajib. Sudah lima orang pegawai Disdukcapil dipanggil untuk dimintai keterangan.

Terpisah, Iwan Ardian, Sekretaris Disdukcapil saat dihubungi melalui ponselnya membenarkan pegawainya dipanggil kepolisian. Itu adalah kekeliruan proses administrasi.

Menurutnya, Dinas Catatan Sipil menerbitkan KK dan KTP sesuai yang diminta pemohon. Problemnya, di Disdukcapil tak miliki aplikasi yang memunculkan data error terkait data orang yang sudah meninggal.

“Pihak kami tidak akan mengetahui jika pemilik data sudah meninggal, sepanjang keluarga yang bersangkutan tidak datang mengurus surat keterangan mati, ” kata Iwan.

Dia menyayangkan polisi yang melayangkan surat panggilan kepada pegawai Diskucapil yang dilalukan secara person. Seharusnya kepolisian bersurat ke Kadisdukcapil, karena ini menyangkut institusi bukan pribadi. Kadis berhak tahu jika ada bawahannya dimintai keterangan. (sry/arf).

UPEKS

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top