Tiket PAN untuk Ichsan YL – FAJAR sulsel
News

Tiket PAN untuk Ichsan YL

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Partai Amanat Nasional (PAN) rupanya tidak butuh proses panjang untuk memutuskan siapa figur yang akan diberikan tiket usungan di Pilgub Sulsel 2018. Ketua Umum DPP PAN, Zulkifli Hasan memperkenalkan Ichsan Yasin Limpo sebagai calon pengganti Syahrul Yasin Limpo.

Bang Zulhas sapaan akrab Zulkifli Hasan mengatakan, dari sekian banyak figur yang akan maju di Pilgub Sulsel, hanya Ichsan YL dinilai paling tepat untuk diusung. “Setelah kita mencari-cari figur yang tepat, hanya Pak Ichsan yang paling tepat untuk PAN di Pilgub Sulsel,” sebut Zulhas di pelantikan 24 DPD PAN se-Sulsel, di Hotel Grand Clarion Makassar, Jalan AP Pettarani, Minggu (29/1) kemarin.

Bahkan, Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) ini meminta secara langsung kepada Ichsan agar terlibat dalam setiap kegiatan PAN di Sulsel. Begitupula kader PAN se-Sulsel diinstruksikan memperkenalkan Ichsan sebagai bakal calon Gubernur Sulsel di setiap kegiatan.

“Semua petinggi PAN hadir di sini. Pada kesempatan ini kami hadirkan Pak Ichsan selaku mantan Bupati Gowa, bakal calon pemimpin masa depan Sulsel. Dua periode ini Pak Syahrul jadi Gubernur Sulsel. Insya Allah periode berikutnya Pak Ichsan YL jadi Gubernur Sulsel,” ujar Zulkifli.

Menurut Zulhas, Ichsan mempunyai karakter kepemimpinan yang sangat ulet, tegas, dan pro rakyat. Terbukti dia telah berhasil membangun Kabupaten Gowa.

Hal serupa diutarakan Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PAN Sulsel, Ashabul Kahfi. Dalam sambutannya, Kahfi secara tegas dan terbuka menyatakan dukungannya kepada Ichsan di Pilgub Sulsel 2018. “Kalau saya ditanya? Mendukung Pak Ichsan saya,” ujar Kahfi disambut riuh para kader.

Wakil Ketua DPRD Sulsel ini beralasan, pemimpin sekelas gubernur, bukan semata dipilih atas dasar yang tidak jelas. Namun, ditegaskan Kahfi, harus memiliki kapasitas, kapabilitas, dan kompetensi dalam memimpin Sulsel ke depannya.

Pernyataan dua petinggi PAN tersebut disambut baik para kader DPD PAN se-Sulsel. Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) PAN Makassar, Hamza Hamid menegaskan seluruh kader PAN akan mendukung Ichsan Yasin Limpo di Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2018 mendatang.

“Saya kira sudah jelas kalau ada perintah partai wajib bagi kader menjalankan dan jika ada yang membantah itu adalah kecelakaan,”ujarnya.

Lebih jauh, Hamzah menjamin seluruh kader PAN yang berada di bawah naungannya akan mendukung secara penuh IYL untuk bertarung di Pilgub Sulsel 2018. “Kami di Makassar Insya Allah menjalankan itu. Saya kira hari ini sangat jelas 99% PAN berada dibelakangnya IYL,” tegasnya.

Dia menambahkan tidak ada alasan bagi kader PAN tidak mendukung IYL sebab deklarasi dukungan tersebut telah dikeluarkan langsung oleh DPP PAN.

“Kedepannya arah kita lebih jelas kemana. Hari ini PAN tegas mendukung IYL, dan ini instruksi langsung dari DPP bukan lagi DPW,” jelasnya

Hal senada diutarakan Ketua DPD PAN Kabupaten Bulukumba, Andi Zulkarnain Pangki. Dia mengatakan, akan mengikuti perintah partai, jika hal itu diputuskan. Dia pun memastikan akan memasukkan nama IYL di setiap agenda kepartaian yang akan digelar di Bulukumba.

“Kami akan rampungkan struktur partai hingga tingkat ranting itu sekitar bulan tiga atau empat. Kita juga rencana akan pelantikan serentak, dan pasti akan mengundang Pak Ichsan,” tegasnya.

Adapun Ichsan Yasin Limpo merasa bersyukur telah diberikan kepercayaan oleh PAN melalui Ketua Umum DPP Zulkifli Hasan.
“Alhamudulliah. Ini bentuk pendekatan dengan melihat kapasitas, kapabilitas, track record dan dibungkus dengan amanah. Itulah yang indikator Ketum PAN untuk kemudian memilih saya untuk Pilgub,” ungkap Ichsan.

Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Sulsel ini, pun berharap setelah mendapatkan rekomendasi PAN, partai lain pun juga akan mengusung di Pilgub nantinya. Adapun soal calon wakilnya, Ichsan memastikan masih melakukan survei internal. “Ada banyak nama, selain Pak Rusdi Masse,” akunya usai pelantikan pengurus PAN se Sulsel.

Sekadar diketahui, pelantikan serentak pengurus DPD PAN se Sulsel, dihadiri oleh sejumlah elit DPP PAN. Di antaranya Sekjen DPP PAN Eddy Soeparno, Ketua POK DPP PAN Yandri Susanto, serta hadir pula sejumlah legislator DPR-RI fraksi PAN, di antaranya Ketua Fraksi PAN DPR-RI Muh Fachri Harahap, Anggota DPR RI Desy Ratnasari, Yuliani Paris, Indira Chunda Thita Syahrul, dan Primus Yustisio. (and)

UPEKS

loading...
Click to comment
To Top