Umat Muslim Belum Kompak Gunakan Produk Syariah – FAJAR sulsel
News

Umat Muslim Belum Kompak Gunakan Produk Syariah

Penyebab Bank Syariah Masih Kalah Saing

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Bank Syariah di Indonesia, termasuk di Makassar tidak banyak berkembang. Hal itu terletak dari belum adanya kesamaan pandang terutama umat muslim untuk menggunakan produk-produk bank syariah dalam kegiatan ekonomi mereka.

Demikian diungkapkan Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Sulsel, Wiwiek Sisto Widayat, mengakui, belum adanya kesamaan pandangan itu akhirnya masyarakat lebih menggemari produk-produk bank konvensional ketimbang produk bank syariah.

“Kalau mau dibilang, banyak umat Islam yang masih menggunakan produk bank konvensional,” terangnya kepada Upeks, melalui telepon, Kamis (26/1/17).

Meskipun seperti itu, Wiwiek menegaskan, pihak BI sangat concern agar perbankan syariah ini dapat tumbuh dan memiliki pangsa perbankan yang semakin meningkat.

Berbagai upaya yang telah dan terus dilakukan dan dikembangkan oleh BI. Termasuk pada tahun 2016 BI telah membentuk atau mendirikan 1 Departemen khusus yang menangani dan mengelola perekonomian syariah ini yang diberi nama Departemen Pengembangan Ekonomi Syariah.

Selain itu, BI juga terus menyelenggarakan kegiatan guna menarik masyarakat untuk tertarik dan mau menggunakan perbankan syariah melalui Festival Internasionsl Ekonomi Syariah (Internasional Syariah Economic Festival) yang sudah dilakukan dalam 3 tahun berturut-turut.

Ke depan, BI akan berupaya lagi mengembangkan pesantren, universitas Muhammadiyah serta komunitas lainnya untuk peduli terhadap ekonomi syariah melalui kegiatan Syariah Goes To Campus dan Syariah Goes to Pesantren guna menciptakan komunitas-komunitas ekonomi Islam di kalangan pesantren dan universitas. “Juga, kami terus mengembangkan dan memperkenalkan Layanan Keuangan Digital di kalangan masyarakat muslim lainnya,” ujarnya. (mg3/suk)

UPEKS

loading...
Click to comment
To Top