Banjir Rendam 60 Hektare Sawah – FAJAR sulsel
News

Banjir Rendam 60 Hektare Sawah

MASAMBA,UPEKS.co.id — Tingginya Intensitas hujan di Lutra dalam beberapa pekan ini mengakibatkan sejumlah sungai meluap.

Akibatnya puluhan hektar sawah terendam. Termasuk di Dusun Pangalli, Desa Dandang Kecamatan Sabbang. Areal sawah terendam diestimasi mencapai 60 hektare.

Selain itu, padi yang baru berumur 2 bulan ditanam juga habis tersapu banjir,” ujar Kades Dandang,Djahidin Patadari kepada Upeks, baru-baru ini.

salah satu solusinya, petani minta agar bendungan di desa Kampung Baru segera dibongkar atau sungainya di kerok. Selanjutnya pintu bendungan di buka lebar agar air tidak meluap.Pertimbangannya, warga menilai keberadaan bendungan memicu banjir.

Menurut Djahidin sebelum banjir, keberadaan bendungan sudah pernah dibahas di bersama BPRD, bahkan pernah ditinjau Dinas Pekerjaan Umum (PU) Lutra, namun belum ada solusi dari PU.

Salah seorang petani yang sawahnya juga ikut terendam banjir, Yustus mengaku akibat banjir sawahnya sekitar 4 hektare juga ikut terendam sehingga mengalami banyak kerugian.

Total kerugian dialami para petani akibat banjir kurang lebih Rp720 juta belum termasuk kerugian ketika harus melakukan pengolahan lahan dan penanaman ulang, tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Hasil panen petani bisa sampai 4 ton per petak,tandasnya

Kadis Tanaman pangan,hortikultura dan perkebunan Agus Lambong,mengaku belum menerima laporan baik dari PPL maupun Kades setempat, terkait adanya sawah petani teredam banjir. (an/arf).

UPEKS

loading...
Click to comment
To Top