Demokrat Utamakan Penjaringan – FAJAR sulsel
News

Demokrat Utamakan Penjaringan

PPP Susul PAN Dukung Ichsan YL

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Partai Demokrat tidak ingin terburu-buru menyatakan sikap mengusung figur untuk Pilgub Sulsel tahun depan. Partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini mengutamakan penjaringan.

Ketua Partai Demokrat Sulsel, Ni’matullah menyatakan, tim desk Pilkada partainya mulai bekerja sekitar Juni atau Juli mendatang. Tim tersebut membuka tahapan penjaringan dan penyaringan.

Baik itu untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada) tingkat kabupaten dan kota, terlebih lagi Pilgub. “Kita tidak ingin terburu-buru. Belanda masih jauh. Kan ada tahapan, kita utamakan itu,” sebut Ulla sapaan akrab Ni’matullah, Senin (30/1) kemarin.

Lebih jauh, Ni’matullah menyatakan partainya belum mau menutup pintu komunikasi dengan figur yang selama ini meramaikan media sebagai kandidat gubernur maupun wakil gubernur. Menurut Ulla, semuanya masih berpeluang mendapatkan rekomendasi Demokrat asalkan punya visi dan misi yang sama.

“Kita lihat saja nanti siapa yang disodorkan ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP). Makanya bekerja saja untuk meningkatkan popularitas dan elektabilitas. Hasil survei merupakan salah satu indikator,” ujarnya.

Diketahui, mantan bupati Kabupaten Gowa, Ichsan Yasin Limpo pernah melakukan pertemuan tertutup dengan Ni’matullah bersama pengurus Demokrat lainnya di Hotel Grand Clarion Makassar. Salah satu isi pertemuannya menyangkut proyeksi Pilgub Sulsel.

Selain Ichsan, Ni’matullah juga pernah melakukan pertemuan dengan bupati Kabupaten Bantaeng, Nurdin Abdullah. Bahkan Nurdin Abdullah diundang khusus Demokrat Sulsel dalam acara Halal Bi Halal.

“Nurdin Abdullah saya sudah dua kali ketemu khusus. Bahkan di acara Halal Bi Halal, cuma Nurdin Abdullah yang hadir. Tapi itu bukan ukuran,” tambah Ulla.

Selain kedua figur tersebut, Wasekjend DPP Partai Golkar Tanribali Lamo, Pendiri Universitas Pertahanan Abd Rivai Ras, dan Mantan Kapolda Sulsel Burhanuddin Andi, pun diakui Ulla pernah menjalin komunikasi politik terkait Pilgub Sulsel.

Terpisah, Wakil Ketua Bidang Politik dan Bappilu Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Sulsel, Rizal Syarifuddin mengatakan dari banyak yang akan maju di Pilgub, hanya Ketua Golkar Sulsel Nurdin Halid yang sama sekali tidak pernah berkomunikasi.

Maka tidak heran jika partai berlambang kakbah ini lebih menjagokan Ichsan di posisi gubernur dan wakilnya dari internal PPP. “Semua sudah komunikasi kecuali Nurdin Halid. Kemudian PPP mengkonslidasikan IYL untuk berpaket dengan Muh Aras (Ketua PPP Sulsel),” katanya.

Menurut dia, mendorong kader berpaket dengan Ichsan bukan tanpa alasan. Secara geopolitik Ichsan dengan Muh Aras ketemu.
“Berangkat basis kedaerahan, kompoisisi makassar-bugis. Dibutuhkan agar komunikasi dengan masyarakat bisa terajalin. Pak IYL basis Makassar, Pak Aras Basis bugis,”jelasnya.

Bahkan sejauh ini lanjut dia, meskipun belum ada forum PPP untuk mengambil keputusan secara legitimate. Tapi, suara-suara DPC merata di setiap daerah mendorong Muh Aras untuk maju di Pilgub Sulsel.

Ditambah lagi, di kesempatan apapun Ketua Umum DPP PPP M Romahurrmuziy alias Romy selalu mendorong kader internal untuk maju di pilkada. Tentu ini kata dia merupakan restu.

“Sebagai Bappilu, kader yang didorong tentu punya modal besar untuk menang, seperti elektabilitas, kapabilitas dan dukungan struktur. Dalam pandangan saya, pak Aras unggul secara kapabilitas, dan dukungan struktural untuk ditempatkan di level calon wakil gubernur,”ungkapnya.

Tetapi kata dia, komunikasi dengan figur calon Gubernur tetap akan dilakukan sebelum diputuskan secara resmi. “Tentu dalam pandangan kami, level calon gubernur masih dipegang lima tokoh terbaik sulsel, Ichsan YL, Agus Arifin Nu’mang, Nurdin Abdullah, Rusdi Masse, dan Nurdin Halid. Namun tetap PPP akan melaksanakan survei nanti di bulan Maret 2017,”tutupnya. (mah)

SK Sudah di Tangan Ulla

SETELAH menunggu lama, Surat Keputusan (SK) Pengurus DPD Partai Demokrat Sulsel sudah berada di tangan Ni’matullah selaku Ketua Demokrat Sulsel Ni’matullah.

Setelah itu, Ulla sapaan akrab Ni’matullah akan membawa ratusan kader Demokrat Sulsel ke Jakarta untuk menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) di Hotel Sultan, pada 7-8 Februari.

“Saya sementara di Jakarta jemput SK. Setelah balik dari sini, langsung melakukan rapat perdana untuk persiapan rakornas,” kata Ulla, kemarin.

Menurut Wakil Ketua DPRD Sulsel ini, mereka yang berangkat itu khusus di DPD Sulsel hanya Ketua, Sekretaris Syamsu Rizal dan Bendahara Kahar Kantau. Sedangkan untuk kabupaten/kota yang berangkat adalah Ketua dan Sekretarisnya.

“Kemudian ditambah dengan 104 anggota DPRD Se Sulsel. Jadi yang berangkat itu sekitar 200an orang,”tambahnya.

Ulla mengungkapkan setelah SK ini terbit maka pihaknya sudah melakukan konsolidasi secara menyeluruh sampai ke tingkat ranting. ” Akan memperbaiki administrasi secara berjenjang mulai DPD sampai dengan DPC,”ungkapnya. (mah)

UPEKS

loading...
Click to comment
To Top