Reservasi Online Dongkrak Bisnis Hotel – FAJAR sulsel
News

Reservasi Online Dongkrak Bisnis Hotel

MAKASSAR, UPEKS.co.id — Sektor perhotelan di Makassar sudah diwarnai persaingan sengit, namun kemajuan teknologi membuat peluang tetap lebar. Masyarakat pun mempunyai pilihan lebih banyak dengan adanya teknologi online.

Dulu, booking kamar hotel hanya lewat resepsionisnya. Kalau tidak menelepon ya langsung datang. Namun kini ada reservasi digital. Pemesanan lewat internet itu jugalah yang menyelamatkan okupansi atau tingkat hunian hotel. Kontribusinya cukup signifikan. Baik melalui situs e-commerce atau pun website internal hotel.

Marketing Communication Manager Hotel Four Point by Sheraton Makassar, Widya Hapsari, mengakui, layanan reservasi kamar berbasis online kini sangat diminati masyarakat. “Tahun lalu dari 60% total okupansi, 30% itu lewat online,” sebut Widya, Minggu (29/1/17).

Strategi pemasaran memang sudah mengarah ke sistem digita. Dari total 335 kamar, ucap Widya, setengahnya diplot ke OTA atau online travel agent. “Kami menggandeng beberapa OTA seperti Traveloka, Agoda, Booking.com, dan Ekspedia. Tetapi kami juga punya website tersendiri. Pastinya booking lewat OTA ataupun dengan website hotel tentu ada perbedaan benefit-nya,” tambahnya.

Porsi lebih besar untuk transaksi online juga disiapkan Marcom Grand Clarion Hotel & Convention Center, Ricwan Wahyudi. Apalagi permintaan dari sektor pemerintahan cenderung menurun. “Reservasi online kini jadi solusi konkret untuk mendongkrak okupansi di awal tahun. Sumbangsih okupansinya 10%-15% dari total 60% okupansi tahun lalu,” tuturnya.

Pihaknya memiliki harapan yang tinggi, kontribusi reservasi online bisa sampai 50 persen pada 2017 ini. “Promo akan diselipkan kepada OTA yang kami gandeng. Supaya tren ini mendongkrak okupansi,” terang pria yang akrab disapa Yudi itu.

Sales & Marketing Manager Hotel Ramedo, Ida, membeberkan, Ramedo yang tergolong pendatang baru di Kota Makassar juga sangat terbantu reservasi online. “Sejak hotel ini berdiri tahun lalu. Kontribusi reservasi online itu 40% dari total 55% capaian okupansi,” imbuhnya.

Transaksi melalui OTA, kata Ida, selain simpel. Hal tersebut juga akan memudahkan masyarakat mengetahui harga di setiap hotel, lalu membuat pilihan. (met/suk)

UPEKS

loading...
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top