Sudah Ditertibkan, PKL Tetap Bandel – FAJAR sulsel
News

Sudah Ditertibkan, PKL Tetap Bandel

-Kembali Penuhi Jl Ahmad Dahlan

PALOPO — Baru saja ditertibkan, Pedagang Kaki Lima (PKL) tetap bandel. Mereka kembali menduduki bahu Jl Ahmad Dahlan. Namun kali ini, PKL menggunakan mobil open cup. Pantauan Palopo Pos, Senin 30 Januari 2017 kemarin, pedagang buah, telur dan ayam tetap melakukan aktifitas jual beli.

Di Jl Ahmad Dahlan, bagian sisi kiri dan kanan dipadati PKL. Tetapi itu tadi, mereka rata-rata menempatkan barang dagangannya di atas mobil oben cup. Tidak hanya di Jl Ahmad Dahlan, di pelataran lokasi PNP di Jl Mangga juga terlihat box berisi tumpukan telur.

Plt Kadis Perdagangan Kota Palopo, Amaluddin, saat dikonfirmasi Palopo Pos, mengaku berang melihat kondisi tersebut. Dia mengaku bahwa, kondisi itu sudah dikoordinasikan dengan pihak Satpol PP. Hanya saja, Satpol PP juga punya agenda lain sehingga belum bisa menertibkan PKL di pagi hari.

“Kalau di lokasi PNP, itu masih wewenang Dinas Perdagangan. Namun di lokasi Jl Ahmad Dahlan, itu merupakan wewenang Tim Gabungan Penertipan PKL. Jadi, kami hanya bisa menyampaikan bahwa kondisinya seperti itu kepada Satpol PP,” ucap Amal.

Amal juga mengklaim, bahwa kondisi tersebut tetap akan terjadi jika tidak ada ketegasan. PKL kembali menempati bahu jalan untuk berjualan.
“Kalau di lokasi pelataran PNP, PKL sudah tertib. Sebab, ada petugas pasar yang berjaga di tempat itu,” sebutnya.

Sementara itu, Ketua Komisi III DPRD Kota Palopo, Budiman, merespon tindakan Satpol PP menertibkan PKL. Sehingga arus lalu lintas kembali normal. Hanya saja, dia menyayangkan kalau PKL kembali menempati badan jalan.

Legislator partai PPP ini juga menyinggung soal penerapan satu jalur di lokasi PNP. “Supaya tertib, perlu diterapkan satu jalur di lokasi itu. Agar arus lalu lintas tidak semrawut. Jadi, ada jalan masuk dan ada jalan keluar. Pengendara tidak semau-maunya mengarahkan kendaraannya, namun mengikuti rambu-rambu yang ada. Ini akan kita rapatkan,” tandasnya.(ara/rhm)

PALOPO POS

loading...
Click to comment
To Top